Rabu 20 Mar 2013 15:27 WIB

Polda Metro Berharap Semua Tempat di Jakarta Dipasang CCTV

Rep: Wahyu Syahputra/ Red: Djibril Muhammad
Kombes Pol Rikwanto
Foto: Antara/Reno Esnir
Kombes Pol Rikwanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polisi menganjurkan pemasangan CCTV di setiap tempat demi pengidentifikasian kasus kriminal. Pernyataan ini demi memudahkan kinerja polisi dalam menangkap pelaku kejahatan.

"Kita harapkan semua tempat ada CCTV-nya," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisari Besar Rikwanto, Rabu (20/3).

Rikwanto mengatakan, seburuk apapun gambar yang dihasilkan rekaman CCTV sangat membantu kerja polisi mengungkap tindak kriminal. Dengan adanya CCTV polisi bisa melihat rekam tindak pelaku melakukan kejahatan. Syukur jika mendapat gambaran wajah pelakunya.

"Pengidentifikasian lebih lanjut akan lebih mudah dengan adanya CCTV," kata Rikwanto

CCTV menghasilkan video kejadian perkara, mengetahui pelaku berpakaian seperti apa, cara melakukan tindak kejahatannya bagaimana dan lingkungan sekitar kejadian seperti apa. "Banyak kasus kriminalitas yang terungkap dengan bantuan CCTV," kata Rikwanto.

Selain CCTV, Rikwanto juga menyarankan kepada masyarakat yang terkena tindak kejahatan agar menyerahkan bukti sekecil apapun agar memercepat pengungkapan kasus. "Bahkan dari sendal jepitpun bisa dilacak," kata Rikwanto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement