Sabtu 09 Mar 2013 13:39 WIB

Pimpinan Ponpes Buntet Cirebon Yakin Anas Benar

Rep: Ira Sasmita/ Red: Karta Raharja Ucu
Anas Urbaningrum
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Anas Urbaningrum

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pimpinan Pondok Pesantren Buntet, Cirebon, Jawa Barat, KH Adib Rofiudin bin Izzudin yakin mantan ketua umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum benar.

Kiai Adib yakin segala persoalan hukum yang sedang dihadapi Anas akan dilaluinya dengan baik dan selamat. "Dia (Anas) orang baik kok," kata Adib usai mengunjungi kediaman Anas di Jalan Teluk Semangka, Duren Sawit Jakarta Timur, Sabtu (9/3).

Adib berharap meski telah ditangani KPK, Anas bisa membuktikan ia tidak bersalah. Sehingga Anas terlepas dari jeratan hukum yang disangkakan kepadanya.

"Mudah-mudahan tidak apa-apa. Mudah-mudahan beliau (Anas) selamat, tidak terbukti, dan beliau bisa melaksanakan kewajibannya terkait kasus ini dengan baik," ujar Adib.

Keyakinan Adib jika Anas bisa selamat dari kasus yang sedang membelitnya, lantaran Adib sudah mengenal Anas cukup lama. Jauh sebelum Anas menjadi pimpinan Partai Demokrat. Anas kerap mengunjungi Ponpes Buntet, dan bersilaturrahmi dengan kiai-kiai di sana.

Tak hanya itu, Adib mengaku punya hubungan emosional yang sangat kuat dengan keluarga istri Anas. Kiai Ali, mertua Anas disebutnya sebagai guru. Karena Adib pernah mengenyam pendidikan di Ponpes Al Munawwir Krapyak yang didirikan kakek dari istrinya Anas, KH Ali Maksum.

Sehingga hubungan Buntet dengan Krapyak dikatakan Adib sangat dekat. "Saya kesini juga sambil nengok KH Ali. Beliau kawan dekat saya, wajar kalau saya dari Buntet nengok," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement