Senin 04 Mar 2013 08:30 WIB

Sukabumi Jadi Sentra Produksi Manggis Jabar

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Djibril Muhammad
Manggis
Manggis

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Kabupaten Sukabumi menjadi salah satu sentra penghasil buah manggis di Jawa Barat (Jabar). Sebab, setiap tahunnya daerah di selatan Jabar ini mampu menghasilkan ribuan ton manggis untuk kebutuhan dalam dan luar negeri.

Data dari Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (DPTP) Kabupaten Sukabumi menyebutkan, pada 2012 lalu produksi manggis mencapai sebanyak 22.329 ton. Sementara pada tahun ini pemerintah menargetkan kenaikan sekitar 12 persen dibandingkan sebelumnya.

Pada 2013, produksi manggis ditargetkan mencapai 27.750 ton. "Sukabumi merupakan salah satu daerah penghasil manggis terbesar di Jabar," ujar Kepala Sub Bagian Progam dan Perencanaan DPTP Kabupaten Sukabumi, Deti Setiawati, kepada wartawan, Senin (4/3).

Hal ini ditunjukan dengan banyaknya buah manggis yang diproduksi dan didistribusikan ke daerah lain maupun luar negeri. Deti mengungkapkan, saat ini di Sukabumi tengah memasuki musim panen raya manggis. Dari satu pohon manggis diharapkan mampu menghasilkan sekitar satu ton buah manggis.

Menurut Deti, daerah penghasil manggis di Kabupaten Sukabumi terutama berada di Kecamatan Cikembar dan Cicantayan. Di kedua kecamatan tersebut terdapat sebanyak 100.485 pohon manggis.

Ditambahkan Deti, manggis Sukabumi banyak yang di ekspor ke negara-negara di timur tengah. Manggis tersebut diolah menjadi obat, sirup, dan bahan kosmetik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement