Jumat 01 Mar 2013 05:19 WIB

BMKG: April, Jakarta Masuki Musim Kemarau

Musim kemarau panjang (ilustrasi).
Foto: Antara/Yusran Uccang
Musim kemarau panjang (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi, musim kemarau di wilayah Jakarta dan sekitarnya akan berlangsung mulai April hingga November. Saat ini, wilayah DKI Jakarta tengah memasuki masa transisi yang ditandai dengan hujan lebat serta angin kencang yang terjadi.  

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Sri Woro Wiharijono mengatakan, untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, berdasarkan kelembaban cuaca yang berbeda-beda akan terjadi pada Mei dan April.  Hal itu terlihat dengan curah hujan yang terjadi tidak merata. "Di perkirakan untuk wilayah DKI Jakarta musim kemarau akan terjadi pada bulan April untuk Jakarta bagian utara dan selebihnya untuk bagian selatan diperkirakan terjadi pada bulan Mei hingga November 2013," ujar Sri seperti dilansir situs beritajakarta.com.

Dikatakan Sri, pada masa transisi dari musim hujan ke musim kemarau ditandai dengan curah hujan lebat yang tidak menentu dan disertai angin kencang. "Sekarang sudah masuk masa transisi ditandai dengan angin kencang dan hujan lebat di beberapa wilayah Jakarta dan sekitarnya," katanya.

Untuk Jakarta, sambung Sri, suhu yang terjadi sangat fluktuatif tergantung dari kelembaban tiap wilayah hingga menyebabkan hujan di bagian utara Jakarta dan tidak terjadi hujan di wilayah lain. "Suhunya fluktuatif, untuk bagian utara Jakarta berbeda dengan bagian lainnya. Ini harus diperhatikan sebab bagian-bagian ini bukan seperti wilayah Jakarta Utara atau Jakarta Selatan, tapi bagian utara atau bagian selatan jadi berbeda," tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement