Jumat 25 Jan 2013 09:40 WIB

Jembatan Ambrol, Lalin Jakarta-Purwokerto Tersendat

Rep: Eko Widiyanto/ Red: Nidia Zuraya
Jembatan putus (ilustrasi)
Foto: harianjogja.com
Jembatan putus (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BUMIAYU -- Luapan Sungai Keruh akibat hujan deras yang terjadi Kamis (24/1) petang, menyebabkan jembatan panjang di Jalur Lingkar Bumiayu, Kabupaten Brebes, runtuh. Separuh badan jalan sisi menyamping yang ada di atas jembatan tersebut ambrol.

Camat Bumiayu Sugeng Basuki menyebutkan, pengalihan lalu lintas terpaksa dilakukan karena jembatan tersebut tidak mungkin lagi dilalui kendaraan. ''Yang ambrol memang hanya separuh badan jalan, namun kalau dipaksakan dilalui kendaraan bisa berbahaya,'' katanya, Jumat (25/1).

Menurut Sugeng, kejadian ambrolnya badan jalan di atas jembatan tersebut, berlangsung sekitar 16.30 WIB. Saat itu arus air Sungai Keruh di bawah jembatan yang memiliki panjang sekitar 20 meter dengan kontruksi rangka baja, memang sedang meluap akibat hujan deras di wilayah Bumiayu dan sekitarnya.

''Akibat derasnya arus sungai, tanggul jembatan di salah satu ujung jembatan ambrol, sehingga badan jalan jembatan juga ikut runtuh separuh,'' jelasnya.

Dia menyebutkan, tanggul jembatan yang runtuh ini, sebenarnya pernah juga mengalami longsor sekitar setahun yang lalu. Namun saat itu, tidak sampai menyebabkan badan jalan ikut runtuh. ''Setelah diperbaiki, ternyata tanggul ini longsor lagi, bahkan menyebabkan badan jalan di atas jembatannya juga ikut runtuh,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement