Selasa 22 Jan 2013 23:00 WIB

Hunian Tetap Korban Tsunami Mentawai Segera Dibangun

Sebuah desa di Mentawa pascabencana tsunami Oktober 2010.
Foto: Antara/Rosa Panggabean
Sebuah desa di Mentawa pascabencana tsunami Oktober 2010.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Hunian tetap untuk korban gempa dan tsunami di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, akan segera dibangun.

"Dalam waktu dekat ini, huntap bagi korban gempa dan tsunami Mentawai akan segera dibangun," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Sumbar Yazid Fadhli di Padang, Selasa.

Ia menjelaskan permohonan Gubernur Sumbar untuk perlakuan khusus terhadap program perbaikan akibat bencana di Mentawai telah disetujui Kementerian Kehutanan terkait dengan pengolahan kayu untuk membangun hunian tetap di Mentawai.

BPBD Sumbar menerima surat dari Dirjen Bina Usaha Kementerian Kehutanan dengan nomor surat S.76/Menhut-VI/BUHA/2013 tanggal 18 Januari 2013, yang isinya mengizinkan pengolahan kayu untuk pembangunan hunian tetap di Mentawai.

Dalam surat itu, Dirjen Bina Usaha mengizinkan kayu dari 3.500 hektare hutan diolah untuk membangun hunian tetap di Mentawai.

"Huntap yang akan dibangun itu sebanyak 2.072 unit dengan anggaran sebesar Rp 486 miliar," kata dia.

Dia mengatakan saat ini sedang dipersiapkan proses "land clearing" oleh Primkopad Korem Sumbar sesuai dengan surat dari Dirjen Bina Usaha Kementerian Kehutanan.

"Kita berharap proses 'land clearing' yang rencanakan dilakukan Primkopad Korem Sumbar cepat dilakukan sehingga pembangunan huntap segera dilakukan," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement