Rabu 16 Jan 2013 18:37 WIB

'Pembenahan Saluran Air Merupakan Solusi Banjir'

Rep: Aldian Wahyu Ramadhan/ Red: Hazliansyah
Jusuf Kalla (JK)
Foto: Republika/Yasin Habibi
Jusuf Kalla (JK)

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Ketua PMI, Muhammad Jusuf Kalla (JK), mengatakan, para korban banjir sangat membutuhkan bantuan. Bantuan tersebut yang terpenting adalah air bersih, makanan, dan obat-obatan.

"Selain itu evakuasi seluruh korban banjir yang belum dievakuasi harus bisa secepatnya dipindahkan,’’ kata dia saat meninjau ke lokasi banjir di Lapangan Ros, Kampung Melayu, Jakarta Timur, Rabu (16/1) sore.

 

Terkait penyelesaian masalah banjir, pembenahan seluruh saluran air, kata JK, menjadi hal paling esensial agar bencana seperti ini tidak terulang terus. Padahal, lanjut dia, penataan kota sudah baik dan benar.

Selain itu masyarakat harus menjaga kebersihan agar saluran air tidak tersumbat oleh sampah yang akhirnya menyebabkan banjir.

 

Menurut JK, jika sudah terlambat dan terjadi banjir seperti sekarang ini, tidak ada yang bisa dilakukan. ‘’Mau dipompa kemana airnya,’’ tanya dia.

 

Meskipun banjir sudah menjadi langganan, JK tetap optimistis permasalahan ini bisa ditangani. Penambahan ruang kosong sebagai penampungan air dan pelebaran sungai, bisa menjadi salah satu solusi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement