Selasa 15 Jan 2013 20:51 WIB

SBY: Capres Harus Perkenalkan Diri

Rep: Esthi Maharani / Red: Mansyur Faqih
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
Foto: Antara/Widodo S Jusuf
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta para calon presiden (capres) mendatang harus memperkenalkan diri. Meski pun ia mengakui sudah mendeteksi sekitar 36 capres yang akan maju pada pemilu 2014. Baik yang sudah terang-terangan atau masih malu-malu. 

"Kandidat itu harus dikenal oleh rakyat. Sekarang saya baca ada 36 capres. Itu bagus. Yang penting masing-masing harus memperkenalkan dirinya," katanya, Selasa (15/1). 

Menurut SBY, dengan banyaknya calon yang bermunculan akan semakin bagus dan baik bagi demokrasi. Artinya, banyak anak bangsa yang berkeinginan untuk memimpin Indonesia. Tinggal nantinya diserahkan pada proses demokrasi dan kehendak rakyat untuk memilih siapa pimpinannya. 

"Saya suka, dari pada tidak ada," cetus dia.

Ia pun meminta media untuk memberikan ruang kepada para kandidat. Jangan malah tebang pilih dalam upaya mempromosikan sosok yang akan maju dalam pilpres. 

Dengan perkenalan, lanjut SBY, maka publik bisa tahu siapa sosok pemimpinnya. Sehingga memang hanya sosok yang benar-benar disukai rakyat yang nanti akan terpilih pada 2014. 

"Jangan seperti memilih kucing dalam karung. Lihatlah integritasnya, kapasitasnya, track record dan sebagainya. Silahkan dilihat," tutur Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement