Selasa 15 Jan 2013 11:42 WIB

Legislator: Daming tak Pantas Bercanda Soal Pemerkosaan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Anggota Komisi III DPR Indra mengaku sangat menyayangkan dan menyesalkan candaan Daming Sanusi soal kasus pemerkosaan saat menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III kemarin.

"Walaupun pernyataan tersebut keluar sebagai candaan, sangat tidak layak dan tidak pantas dilontarkan oleh seorang penegak hukum dan calon pemutus akhir sebuah perkara di lembaga peradilan tertinggi di negeri ini," kata Indra, di Jakarta, Selasa (15/1).

Menurut Indra, pernyataan tersebut merefleksikan rendahnya kepekaan/ sensitifitas Daming Sanusi dan sekaligus mencerminkan lemahnya pemahaman hukum beliau dalam menyikapi kejahatan pemerkosaan. 

"Oleh karena itu, saya menyarankan pak Daming Sanusi mengklarifikasi pernyataannya tersebut dan meminta maaf kepada publik," katanya. Melihat pada pernyataan kontroversial itu, Indra pun berpendapat kalo Daming tidak layak untuk diloloskan sebagai hakim agung. 

Sebelumnya, pada uji kelayakan dan kepatutan calon hakim agung di Komisi III DPR RI, Senin, (14/1), calon hakim agung Daming Sanusi menyatakan, hukuman mati tidak layak diberlakukan bagi pelaku pemerkosaan, karena pemerkosa dan yang diperkosa sama-sama menikmati.

 

Pernyataan Daming yang menjawab pertanyaan anggota Komisi III DPR RI, membuat sebagian anggota Komisi III tertawa, tapi sebagian lagi justru mencibir.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement