Senin 14 Jan 2013 12:13 WIB

Wamen Pertanian Pastikan Flu Burung tak Serang Ayam

Rep: andi ikhbal/ Red: Taufik Rachman
Flu burung, ilustrasi
Foto: Antara
Flu burung, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Wakil Menteri Pertanian, Rusman Hermawan memastikan virus flu burung H5N1, tidak menyerang ayam. Untuk itu, masyarakat diminta agar tidak khawatir dalam mengkonsumsi daging ayam.

Rusman mengatakan, virus flu burung yang menyerang unggas belakangan ini, sudah tidak lagi mempan terhadap ayam. Namun, umumnya, justru itiklah yang menjadi sasaran terjangkitnya virus tersebut.

"Karena itu, pihak kementerian pertanian kerap kali melakukan kunjungan ke peternakan ayam guna memastikan penularan virus tersebut," kata Rusman pada wartawan dalam kunjunganya di Kelompok Peternakan Arum Jaya, Sidokerto, Godean, Sleman, Senin (14/1).

Menurutnya, saat ini jenis gen virus yang menyerang unggas telah mengalami evolusi, sehingga hanya itik yang berpotensi terjangkit. Hal tersebut dibuktikan dengan tidak adanya adanya kasus yang menyerang ayam.

Namun, untuk mengantisipasi, penyebaran lebih luas terhadap seluruh unggas, pihaknya tengah mengusulkan adanya depopulasi dan vaksinasi. Sehingga, upaya pencegahan dapat lebih efektif terlaksana. "Untuk depopulasi, kami menganggarkan Rp 210 miliar ke kementerian keuangan," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement