Jumat 09 Nov 2012 19:52 WIB

PT INKA Kini Kaji Proyek Monorel Jakarta

Tiang-tiang penyangga perlintasan monorel yang terbengkalai setelah proyek mangkrak selama 3 tahun
Tiang-tiang penyangga perlintasan monorel yang terbengkalai setelah proyek mangkrak selama 3 tahun

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--PT Industri Kereta Api Persero (Inka) tengah memelajari proyek pembangunan monorel Jakarta. Inka akan berkolaborasi dengan PT Adhi karya Persero, PT Telkom Indonesia Tbk dan PT Len Industri Persero.

"Info tersebut masih terlalu dini, sehingga detil kajiannya masih dalam proses," tutur Direktur Utama PT Inka Agus H. Purnomo dalam pesan singkatnya di Jakarta, Jumat (9/11).

Namun, ia belum mau membeberkan secara rinci kajian yang dilakukan perseroan apakah menyangkut nilai keekonomian monorel atau kesiapan dana.

Untuk dketahui, PT Inka direncanakan sebagai penyedia armada monorel.

Monorel ini nantinya dirancang mengangkut sebanyak 308.102 orang untuk satu arah per hari. Kemudian, PT Len bertindak sebagai penyedia persinyalan, Telkom sebagai penyedia telekomunikasi serta Adhi Karya sebagai konstruktor.

Direktur Utama Len Industri Abraham Mose pernah berujar bahwa siap membangun persinyalan monorel Jakarta. Hal ini didukung karena perseroan memiliki anak perusahaan khusus transportasi, yakni PT Len Railway Systems, yang juga fokus pada pembangunan mass rapid transit (MRT), light rail transit (LRT), serta monorel.

Sebelumnya diberitakan, ADHI telah menyusun empat prioritas untuk pembangunan monorel Jakarta tahap pertama dari dua tahap. Jalur pertama yang digarap adalah Palmerah-Tanah Abang sepanjang 14,6 kilometer (km) yang bersinggungan dengan busway koridor I (Blok M-Kota) dan koridor VI (Blok M-Kuningan).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement