Sabtu 20 Oct 2012 15:42 WIB

Landasan Pendek, Garuda Belum Terbang ke Mamuju

Garuda Indonesia
Foto: wichdan hidayat
Garuda Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID,MAMUJU--Maskapai Garuda Indonesia gagal membuka rute penerbangan antara Kabupaten Mamuju menuju Jakarta untuk menambah akses transportasi udara masyarakat yang ada di Provinsi Sulawesi Barat.

Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Anwar Adnan Saleh di Mamuju, Sabtu, mengatakan, pemerintah di provinsi ini telah menandatangani kesepakatan kerja sama dengan Maskapai Garuda Indonesia di Jakarta sejak tahu 2011.

Ia mengatakan penandatanganan kerja sama tersebut bertujuan membuka rute penerbangan Garuda dari Mamuju menuju Jakarta melalui bandara Tampapadang Kabupaten Mamuju.

Namun, kata dia, realisasi dari kesepakatan itu akhirnya gagal dan belum bisa dilaksanakan karena belum rampungnya pekerjaan perpanjangan landasan pacu bandara Tampapadang Mamuju pada tahun ini.

Landasan pacu bandara Mamuju rencannya diperpanjang dari 2250 meter menjadi 2500 meter agar pesawat berbadan lebar dapat mendarat dengan baik. Karena pekerjaan landasan pacu itu belum selesai menyebabkan Maskapai Garuda Indonesia belum bisa membuka rute penerbangan Mamuju-Jakarta, katanya.

Ia mengatakan, pemerintah di sulbar akan berupaya keras mempercepat penyelesaian perpanjangan landasan pacu bandara Mamuju sampe akhir tahun ini, agar rencana awal pembukaan rute Mamuju-Jakarta dapat direalisasikan awal tahun 2013 mendatang.

Menurut dia, penyelesaian pekerjaan landasan pacu bandara tidak bisa dipercepat. Pasalnya, warga di sekitar bandara keberatan jalan ditutup akibat pekerjaan landasan pacu bandara.

Masyarakat khawatir proyek tersebut akan membuat jalan mereka tertutup

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement