Kamis 20 Sep 2012 09:03 WIB

Kades di Bengkulu Tengah Kompak Tolak Raskin

Beras raskin
Foto: politiksaman.blogspot.com
Beras raskin

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU -- Para kepala desa di Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu, menolak menerima bantuan beras bagi warga miskin (raskin). Para Kades berasalan jumlah bantuan untuk masyarakat daerah itu dikurangi.

"Kami tetap menolak menerima raskin priode Juli-Desember 2012 karena jumlah rumah tangga sasaran (RTS) dikurangi," kata Ketua Forum Komunikasi Kepala Desa (FKKD) Bengkulu Tengah Saharudin, Kamis.

Ia menjelaskan, pembagian jumlah rumah tangga sasaran (RTS) 2012 hanya 5.048 rts, sedangkan jumlah warga miskin di daerah itu tetap seperti tahun sebelumnya yaitu 12.792 rts.

Bila jatah raskin untuk 5.048 rts itu diterima dikhawatirkan ada gejolak di masyarakat karena yang merasa miskin namun tidak mendapatkan beras itu akan marah. "Kami tidak mengetahui bahwa instansi berwenang bisa mengurangi jumlah rumah tangga miskin tanpa koordinasi dengan kepala desa," tandasnya.

Ia mengaku, sudah beberapa kali bidang ekonomi Pemkab Bengkulu Tengah membagi raskin tersebut, namun tetap ditolak sebelum seluruh warga miskin daerah itu mendapat jatah.

Sementara Kabag Ekonomi Setda Bengkulu Tengah, Mirul Ajemi mengatakan, jumlah penerima raskin priode Juni-Desember 2012 tercatat 5.048 RTS. Data tersebut berdasarkan hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) dan sudah disosialisasikan di setiap kantor kecamatan sebelum raskin itu dibagikan.

"Kewajiban Pemkab Bengkulu Tengah sudah maksimal untuk memperjuangkan jatah raskin bagi warga daerah itu, namun supaya merasa pusa para kades datang ke Bulog Bengkulu saja," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement