Sabtu 15 Sep 2012 14:19 WIB

Lewat Sail Morotai, Presiden Minta Indonesia Memperkuat Diri

Rep: Harun Husein/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Sail Morotai 2012
Foto: paguntakacity.blogspot.com
Sail Morotai 2012

REPUBLIKA.CO.ID, MOROTAI--Langkah Indonesia untuk memperkuat diri tak bisa dielakkan lagi. Apalagi, kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, pada 2013 Indonesia ditunjuk sebagai ketua Negara-negara Kerja Sama Asia Pasifik (APEC), menggantikan Rusia.

Pada 2014, APEC dipimpin Cina, dan pada 2011 lalu dipimpin AS. "Peran Indonesia di Asia Pasifik sangat penting. Kita harus menciptakan kawasan Asia Pasifik yang kuat." ujar Presiden pada acara puncak Sail Morotai 2012, di Daruba, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, Sabtu (15/9).

Presiden mengatakan Morotai telah ditetapkan sebagai kawasan ekonomi khusus (KEK). "Dengan menjadi kawasan ekonomi khusus, lima sampai 15 tahun mendatang kita harapkan Morotai bisa menjadi kawasan pertumbuhan ekonomi, industri perikanan, dan jasa," katanya.

Presiden meresmikan acara puncak Sail Morotai dengan memukul tifa, yang langsung disambut stoom sejumlah kapal perang. Kapal-kapal perang tersebut berlabuh tak jauh dari perhelatan acara puncak Sail Morotai, yang di-setting menghadap laut. Desa Juanga yang menjadi arena perhelatan merupakan salah satu kawasan paling berdarah saat sekutu merebut Morotai dari Jepang, pada 1944 silam.

Acara itu dihadiri veteran yang pernah mendarat di Morotai. yaitu, veteran Perang Dunia II dari Amerika Serikat, Australia, dan Jepang --baik pelaku langsung maupun keluarganya. Tiga di antaranya adalah pelaku langsung. Selain itu, 12 veteran perang dari TNI yang tergabung dalam Operasi Trikora, yang kebanyakan berpangkat marsekal purnawirawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement