Kamis 06 Sep 2012 16:32 WIB

Toriq Belajar Bikin Bubur California

Rep: c52/ Red: Didi Purwadi
 Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto
Foto: Antara
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelaku pembuat bom rakitan di Tambora, Muhammad Toriq (32), melarikan diri setelah warga mendapati bahan peledak di dalam kamarnya pada Rabu (5/9) lalu. Selain belajar membuat bom rakitan, Torig diketahui juga belajar membuat 'Bubur California'.

''Pihak kepolisian juga menemukan buku-buku agama, buku tentang jihad dan lembaran tentang cara membuat bom,'' kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto, Kamis (6/9). ''Ada juga lembaran cara membuat racun yang dikenal dengan nama 'Bubur California'.''

Rikwanto mengaku pihaknya belum mengetahui pasti sudah berapa lama Toriq belajar merakit bom. Tapi, dia selalu merakitnya di kamar.

Sebelumnya diberitakan bahwa sebuah benda yamg diduga bom rakitan setengah jadi ditemukan di jalan Teratai 7 RT 02/04, Kelurahan Jembatan Lima, Tambora, Jakarta Barat, pada Rabu pukul 14.30 WIB. Benda itu ditemukan di dalam rumah milik Ibu Iyot (60) yang merupakan ibu kandung Toriq.

 

Di lokasi kejadian, aparat kepolisian tidak hanya menemukan lembaran cara pembuatan racun. Mereka juga menemukan detonator, bahan-bahan kimia yang diduga black powder, belerang, sejumlah paku, dan lima buah pipa paralon yang berisi paku.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement