Senin 13 Aug 2012 03:08 WIB

RI Merdeka 67 Tahun, Ribuan Warga Ini Belum Nikmati Listrik

Petugas PLN mengganti trafo listrik yang rusak (ilustrasi).
Foto: Antara/Arief Priyono
Petugas PLN mengganti trafo listrik yang rusak (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PENAJAM---Sedikitnya 1.500 warga atau KK Penajam Paser Utara (PPU), Kaltim belum bisa menikmati aliran listrik, yakni akibat belum adanya jaringan terpasang sehingga PLN Ranting Petung, Kecamatan Penajam tidak bisa berbuat banyak.

"Jumlah pemohon sambungan baru listrik adalah 1.500 calon pelanggan atau KK. Padahal daya listrik yang kami miliki surplus," kata Kepala PT PLN Ranting Petung Kabupaten PPU Novianto Hericahyono.

Namun, kata dia karena belum memiliki jaringan listrik itu belum tersalur ke rumah-rumah warga yang memerlukan.

"Dari hasil pendataan yang berhasil kami kumpulkan, hingga April lalu permohonan pelanggan baru PLN di PPU total mencapai 7.200 orang," ujar Herucahyono.

Data dari Kantor PLN Ranting Petung, Kantor Jaga Penajam, Gresik, Sepaku, dan Maridan mencatat bahwa 5.700 rumah warga bisa direalisasikan sambungannya, sementara sisanya sejumlah 1.500 belum bisa terlayani.

Pihaknya sudah menyampaikan masalah itu kepada PLN Pusat melalui Kantor Cabang Balikpapan, yakni agar daerah-daerah itu segara dipasang jaringan. Namun, hingga kini belum bisa direalisasikan dengan alasan terbatasnya anggaran.

"Tetapi kami tetap berupaya jaringan serta perangkat trafonya bisa segara dipasang," ucap Novianto Hericahyono.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement