Kamis 31 May 2012 20:03 WIB

Pemerintah Segera Lakukan Pemetaan Revitalisasi Keraton Cirebon

Rep: Ahmad Reza Safitri/ Red: Karta Raharja Ucu
Keraton Kasepuhan Cirebon.
Keraton Kasepuhan Cirebon.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Windu Nuryanti, mengatakan tahun ini pemetaan terkait revitalisasi terhadap cagar budaya di Indonesia akan segera dilakukan pemerintah. Rencana revitalisasi tersebut akan dimulai dari Keratonan Cirebon, yakni sebanyak empat lokasi, Keraton Kacirebonan, Kasepuhan, Kanoman, dan Keprabonan.

Pemetaan di Keraton Cirebon tersebut, guna mengetahui seberapa jauh keberadaan keraton, baik dari keadaan dan kondisi untuk segera direvitalisasi. Hal itu, kata dia, dikarenakan keraton merupakan pusat kebudayaan yang harus dilestarikan keberadaannya. "Juga untuk memetakan budaya di nusantara," sebut Windu.

Sementara Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan berharap, rencana tersebut dapat dilakukan dengan segera. Selain itu, pihaknya mengatakan akan mendukung sepenuhnya dalam kegiatan tersebut.

Menurutnya, rencana merivitalisasi Keraton Cirebon sebagai tempat wisata akan menjadikan perekonomian Cirebon menjadi meningkat. Hal tersebut lantaran keberadaan lokasi wisata dapat meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat sekitar.

Kendati demikian, pihaknya menjamin keberadaan lokasi wisata tidak mengubah budaya lokal. "Budaya lokal tidak akan tergerus dengan budaya baru yang akan masuk," kata gubernur dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement