Selasa 08 May 2012 21:24 WIB

KAHMI Sesalkan Pernyataan Marzuki Alie Soal Koruptor Lulusan PTN

Rep: M Akbar/ Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Pimpinan kolektif majelis nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) menyesalkan pernyataan yang disampaikan Ketua DPR, Marzuki Alie.

Sekjen KHMN KAHMI, Nurmansyah E Tanjung, menilai pernyataan Marzuki keliru. Kekeliruan itu disebabkan karena melakukan generalisasi kesalahan individu menjadi kesalahan institusi.

"KAHMI sangat sesalkan pernyataan dari seorang pemimpin DPR yang seperti itu," katanya kepada Republika di Jakarta, Selasa (8/5).

Respons dari KAHMI ini sebagai jawaban atas tudingan Marzuki Alie. Saat berbicara di kampus UI kemarin, Marzuki menyebut para koruptor yang ada sekarang adalah orang terdidik. Ia kemudian menyebut ICMI, HMI, IPB, UI, dan UGM sebagai tempat yang memproduksi para koruptor tersebut.

Nurmansyah menyesalkan karena 'salah ucap' yang dilakukan Marzuki bukanlah kali pertama dilakukan. "Inilah yang sangat kita sesalkan kenapa kembali terulang seperti ini," ujarnya.

Meski demikian ia tetap melihat pernyataan Marzuki itu bisa menjadi bahan otokritik buat membenahi korupsi yang telah mewabah di negeri ini. Ia mengatakan, masalah besar yang dihadapi Indonesia adalah korupsi dan narkoba.

"Sebagai otokritik ya, saya setuju," katanya. "Tetapi ketika ia megeneralisasi masalah, ini yang tidak bisa diterima," tandas dia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement