Senin 07 May 2012 17:16 WIB

Pilgub Jabar, PDIP Gandeng PPP dan Gerindra

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Hafidz Muftisany
Kader PDIP (ilustrasi)
Kader PDIP (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jabar, sepakat berkoalisi dengan PPP dan Gerindra di Pemilihan Umum Gubernur (Pilgub) Jabar 2013. Mereka sepakat, untuk bersama-sama dalam mengusung calon gubernur (Cagub).

''Kesepakatan di atas kertas belum, tapi sudah final kami berkoalisi,'' ujar Bendahara PDIP Jabar, Mathius Tandiontong kepada wartawan, Senin (7/5).

Menurut Mathius, kesepakatan koalisi dengan kedua partai tersebut dibuat pada Maret 2012 lalu. Namun, dalam kesepakatan itu belum dibahas mengenai siapa Cagub yang akan diusung.

''Baru sepakat koalisi dulu, calon belakangan,'' tegas Mathius.

Yang jelas, sambung Mathius, kedua partai saat kesepakatan dibuat sudah tahu kalau PDIP Jabar, sudah memiliki enam bakal calon gubernur (Balongub). Yaitu, Dedi Supardi (Bupati Cirebon), Don Murdono (Bupati Sumedang), Aang Hamid Suganda (Bupati Kuningan), Rieke Diah Pitaloka (Anggota DPR RI), Gatot Tjahjono (Wakil Ketua PDIP Jabar) dan Eep Hidayat (Bupati Subang).

''Tapi kan Eep secara hukum tak memungkinkan, jadi tinggal lima calon,'' imbuh Mathius.

Keputusan siapa Balongub yang akan maju, menurut Mathius, ditetapkan oleh DPP PDIP. Namun, Ia berharap DPP PDIP bisa mengumumkan satu nama yang akan diusung di awal Juni. Karena, saat ini DPP PDIP sedang melakukan survei semua Balongub internal maupun eksternal PDIP.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement