Senin 30 Apr 2012 23:11 WIB

KPK Selidiki Kasus Korupsi di Kabupaten Musi Banyuasin

Rep: Muhammad Hafil/ Red: Taufik Rachman
Abraham Samad
Foto: Edwin Dwi Putranto/Republika
Abraham Samad

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan sedang melakukan proses penyelidikan kasus korupsi APBD Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan . Mantan Bupati Musi Banyuasin yang saat ini merupakan Gubernur non aktif Sumatra Selaatan, Alex Noerdin, menjadi salah stau pihak yang diincar KPK.

"Kita sudah ekspose. Ini sudah dalam penyelidikan," kata Ketua KPK Abraham Samad di kantornya, Senin (30/5) malam.

Abraham memastikan, meskipun saat ini Alex sedang mengikuti proses pemilihan gubernur DKI Jakarta, tidak menghalangi proses hukum tersebut. Penyidik KPK akan bekerja secara profesional dalam menangani penyelidikan itu.

Berdasarkan penuturan sumber Republika di KPK, proses penyelidikan ini dimulai ketika pimpinan baru KPK meminta kepada penyidik untuk mengumpulkan kasus-kasus lama yang belum tergarap dengan baik. Salah satunya, yaitu dugaan korupsi APBD Kabupaten Musi Banyuasin.

Kasus itu sebetulnya sudah ditangani oleh Kejaksaan Tinggi Sumatra Selatan. KPK pun melakukan koordinasi dan supervisi kasus itu. Pada awalnya, nama Alex Noerdin disebut terlibat dalam proses penyelidikan yang dilakukan oleh Kejaksaan Tinggi Sumatra Selatan itu. Namun, saat KPK mengambil alih kasus itu, nama Alex hilang.

"Nah ini yang sedang kita usut mengapa nama Alex hilang," kata sumber tersebut kepada Republika dua pekan yang lalu.     

Alex diketahui pernah menjadi Bupati Musi Banyuasin selama 2 periode berturut-turut sejak 2001-2006 dan periode kedua 2007-2012. Pada 2008 Alex maju untuk Pilkada Gubernur Sumsel dan menang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement