Ahad 29 Apr 2012 19:18 WIB

IPW: Polda Metro Jaya Harus Usut Kasus Mobil Anas

Rep: Nur Feby Rosiana/ Red: Hazliansyah
Ketua Partai Demokrat Anas Urbaningrum menjawab pertanyaan wartawan saat mengantar istrinya yang diperiksa terkait kasus dugaan korupsi proyek Hambalang di KPK, Jakarta Selatan, Kamis (26/4).
Foto: Fanny Octavianus/Antara
Ketua Partai Demokrat Anas Urbaningrum menjawab pertanyaan wartawan saat mengantar istrinya yang diperiksa terkait kasus dugaan korupsi proyek Hambalang di KPK, Jakarta Selatan, Kamis (26/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia Police Watch (IPW) mengharapkan Kepolisian Daerah Metro Jaya segera menangani kasus pemalsuan plat nomor mobil Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum.

Ketua Presidium Indonesia Police Watch Neta S Pane menuturkan, Polda Metro Jaya harus mengusut kasus tersebut. Menurut Neta. jika terbukti mobil tersebut milik Anas maka polisi harus segera memeriksanya.

"Pemalsuan nomor polisi kendaraan adalah tindak pidana berat. Ancamannya di atas lima tahun pnjara. Untuk itu anas harus ditahan," ujar Neta melalui pesan singkatnya, Minggu (29/04).

Bagi Neta tidak ada alasan jika Anas mengatakan tidak tahu pemalsuan nomor polisi tersebut karena mobil itu miliknya dan Anas ada di mobil tersebut.

Neta mewakili IPW sangat mengecam kasus pemalsuan nomor polisi yang melibatkan mobil orang dekat Susilo Bambang Yudhoyono tersebut. Menurut Neta, jika benar bersalah, Anas bisa kena pasal berlapis.

Neta menjelaskan jika mobil 'bodong' ada dua katagori, yakni mobil curian atau mobil selundupan.

"Kalau mobil curian bisa kena pasal penadah dan pemalsuan di KUHP dan UU lalulintas. Kalau selundupan kena UU Beacukai, pemalsuan dan UU lalulintas," tutur Neta.

Sebelumnya Kepolisian Daerah Metro Jaya memastikan plat nomor polisi B 1716 SDC yang digunakan Anas Urbaningrum adalah palsu.

Hal ini mencuat ketika plat mobil tersebut digunakan di dua mobil Anas yang berbeda. Pertama, plat nomor itu digunakan pada mobil Toyota Innova Anas ketika mengantar istrinya, Athiyyah Laila menjalani pemeriksaan di KPK Kamis kemarin. Nomor yang sama juga digunakan pada mobil Toyota Velfire Anas pada Maret lalu saat Anas hadir di acara Partai Demokrat di Bumi Perkemahan Cibubur.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto menjelaskan, dari data yang diperoleh, nomor polisi yang sebenarnya untuk Toyota Vellfire warna hitam milik Anas adalah B 69 AUD dengan tahun kendaraan 2010. Mobil itu terdaftar atas nama Wasith Su Ady, warga Cempaka Baru, Jakarta Pusat. Sementara Kijang Inova milik Anas sebenarnya memiliki plat nomor B 1584 TOM. Mobil itu terdaftar atas nama Irmansyah, warga Jalan Mawar Merah, Malaka Jaya, Jakarta Timur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement