Jumat 27 Apr 2012 22:32 WIB

Kondisi Menkes Mulai Stabil

Rep: Umi lailatul/ Red: Chairul Akhmad
Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih (kiri).
Foto: Antara/Fahrul J
Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Paska sakit kanker paru-paru dan dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo sejak Selasa (17/1), kondisi Menteri Kesehatan (Menkes) Endang Rahayu Sedyaningsih saat ini berangsur-angsur membaik.

Menurut Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Ali Gufron Mufti, kondisi Endang sekarang berangsur-angsur pulih. “Ibu kondisinya sudah stabil, komunikatif serta bisa nyanyi juga,” ujarnya dalam jumpa pers di Kantor Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Jumat (27/4).

Gufron menjelaskan sampai saat ini, untuk tugas-tugas Menkes dan Kemenkes sementara akan diserahkan ke dia dengan dibantu pejabat-pejabat terkait terutama eselon 1. “Untuk sementara, tugas-tugas ini akan mendapat arahan langsung dari Presiden SBY,” ujar Gufron.

Sementara itu, untuk keputusan-keputusan yang bersifat mendesak, dia yang akan memutuskan. Hal ini supaya pelayanan dan program yang ada jangan sampai terganggu. Saat ini, program-program prioritas yang ada di Kemenkes adalah BPJS dan tahun 2012 ditargetkan akan menjadi lembaga yang meraih predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) dalam pengelolaan administrasi dan birokrasi.

Terkait tentang siapa pengganti Menkes, pria yang akrab disapa dengan Gufron ini enggan berkomentar. “Kalau yang itu, saya tidak tahu,” katanya. “Sejauh ini presiden baru secara lisan saja menerima pengunduran diri tersebut. Sementara surat keputusan belum ada.”

Dalam kesempatan itu, Wamenkes juga memohon doa kepada masyarakat agar Endang cepat sembuh. Wamenkes juga menceritakan bahwa Endang dalam sakitnya masih tetap semangat memberikan arahan kepada kementerian ini untuk menjalankan program-program yang ada.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement