Sabtu 05 May 2012 18:22 WIB

Kisah Endang Rahayu akan Dibukukan di AS

The Minister of Health Endang Rahayu Sedyaningsih (photo file)
Foto: Antara
The Minister of Health Endang Rahayu Sedyaningsih (photo file)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Kisah penuh lika-liku almarhumah mantan Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih ketika beberapa tahun lalu tinggal di Amerika Serikat, akan diterbitkan dalam sebuah buku yang akan diedarkan di berbagai wilayah AS.

Menurut keterangan Kedutaan Besar RI di Washington DC, kisah almarhumah akan menjadi salah satu bagian dari buku berjudul 'Secret of My Success: Prominent Indonesian Share Their Lessons on Life and Remarkable Career'. Buku tentang kisah sukses para tokoh Indonesia di AS itu, rencananya akan diluncurkan saat berlangsungnya 'Congress of Indonesian Diaspora' pada 6-8 Juli 2012 di Los Angeles, California, AS.

Dalam buku tersebut, Endang menuliskan sendiri tentang perjalanan hidupnya dalam mengejar cita-cita meraih pendidikan dalam bidang kesehatan di negeri Paman Sam. Ia antara lain bercerita bagaimana pada 1990 mulai berburu beasiswa untuk mengambil gelar Master of Public Health (MPH); sempat mengalami rasa bingung menjalani proses adaptasi di Amerika; hingga beratnya harus berpisah dengan puteri satu-satunya yang masih berusia delapan bulan untuk menjalani pendidikan jenjang Master di Harvard School of Public Health di Boston, Massachusetts.

Menurut keterangan KBRI Washington, di tengah kesibukannya, almarhumah Endang masih menyempatkan diri untuk membuat tulisan. Tulisan diterima pihak KBRI melalui sekretarisnya di Kementerian Kesehatan beberapa waktu yang lalu.

Buku 'Secret of My Success: Prominent Indonesian Share Their Lessons on Life and Remarkable Career' itu merupakan buku yang disusun atas inisiatif Duta Besar RI untuk AS, Dino Patti Djalal, KBRI Washington DC, bekerja sama dengan seluruh perwakilan Indonesia di AS. Buku berisi kumpulan kisah sukses tokoh-tokoh Indonesia yang pernah belajar atau bekerja di AS, baik yang masih berstatus WNI maupun yang telah menjadi warga AS.

KBRI Washington berharap buku tersebut bisa menjadi semacam pedoman bagi masyarakat Indonesia di AS, yang jumlahnya sekitar 150 ribu orang, dan mendorong mereka menjadi lebih sukses dalam meniti karir ke depan.

Selain dibagikan kepada masyarakat Indonesia di AS, 'Secret of My Success: Prominent Indonesian Share Their Lessons on Life and Remarkable Career' rencananya juga akan disebarkan di toko-toko buku di Indonesia.

Endang meninggal dunia, Rabu (2/5) siang, sekitar pukul 11.41 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo (RSCM) Jakarta. Kesehatan Endang Rahayu memang terus menurun. Sebelumnya, pada (26/4), Endang Rahayu menyampaikan pengunduran dirinya kepada Presiden SBY yang saat itu menjenguknya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement