Selasa 10 Apr 2012 18:59 WIB

Terminal IV Bandara Soetta Ditarget Selesai Tahun 2014

Penumpang memadati terminal 1B keberangkatan Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Ahad (25/12). (Republika/Wihdan Hidayat)
Penumpang memadati terminal 1B keberangkatan Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Ahad (25/12). (Republika/Wihdan Hidayat)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--PT Angkasa Pura II akan membangun terminal IV di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soeta), Tangerang, Banten guna meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

"Kami menargetkan pembangunan terminal IV pada tahun 2014," kata Direktur Teknik dan Operasional PT Angkasa Pura II, Salahuddin Raffi, di Tangerang, Selasa.

Ia mengatakan, lokasi pembangunan tersebut seluas 830 hektare sehingga memenuhi kebutuhan standar Internasional. Saat ini, PT Angkasa Pura II masih dalam tahap rancangan dan pengkajian juga menjalin koordinasi dengan pemerintah Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Provinsi Banten guna melakukan pembebasan lahan.

Sebab lahan seluas 830 hektare itu berada di wilayah perbatasan antara Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang. "Kami berharap pembangunan terminal IV berjalan lancar dan sukses," ujarnya.

Menurut dia, pihaknya sudah bertemu dengan Wakil Gubernur Banten Rano Karno untuk pembahasan rencana pembangunan terminal IV. Ia menyebutkan, keberadaan perluasan Bandara Soekarno-Hatta tentu berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat Banten.

"Kami juga sudah menyiapkan tim pembebasan lahan dengan kerja sama Pemerintah Kota dan Kabupaten Tangerang. Sedangkan, proses pembebasan menunggu ketentuan dalam Undang-undang Pertanahan," ujarnya.

Ia menyebutkan, proses pembebasan lahan dapat terselesaikan pada tahun 2013 dan 2014 bisa dilaksanakan pembangunan terminal IV itu. "Pembangunan terminal IV kami operasikan 2016," katanya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Hermansyah mengatakan pemerintah daerah sangat mendukung rencana perluasan terminal IV karena ini program strategi nasional. "Kami siap memberikan bantuan kepada PT Angkasa Pura dalam pembebasan lahan," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement