Ahad 08 Apr 2012 21:19 WIB

Partai Aceh Dipastikan Jadi Kandidat Kuat

Rep: Mansyur Faqih/ Red: Dewi Mardiani
Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Nasir Djamil
Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Nasir Djamil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -— Wakil Ketua Tim DPR Pemantau Pemilukada Aceh, Nasir Djamil, mengatakan bahwa berdasarkan pantauan di lapangan, Zaini Abdullah dan Muzakir Manaf yang didukung Partai Aceh dan beberapa partai nasional akan menjadi salah satu kandidat calon gubernur terkuat. Ini di samping pasangan independen Irwandi Yusuf dan Muhyan Yunan.

‘’Kalau lihat dari dukungan massa dan dilihat kampanye antar kandidat, maka Partai Aceh memiiki dukungan yang cukup besar. Jadi, saya lihat beberapa tempat yang diselenggarakan Partai Aceh itu didatangi massa jumlah besar,’’ kata dia ketika dihubungi, Ahad (8/4).

Saat ini, ada lima calon pasangan gubernur Aceh. Selain Irwandi dan Zaini, ada juga Tengku Ahmad Tajuddin dan Suriansyah (calon independen), Darni M Daud dan Ahmad Fauzi (calon independen), serta Muhammad Nazar dan Nova Iriansyah (Partai Demokrat dan PPP).

Selain itu, lanjutnya, beberapa lembaga survei pun memperkirakan pasangan yang diusung Partai Aceh unggul di banyak tempat. ‘’Prediksi saya, untuk gubernur satu putaran karena hanya ada lima calon. Kalau kabupaten/kota bisa sampai dua putaran. Karena calonnya ada yang 13 ada juga yang 15,’’ tambahnya.

Nasir mengaku, perkiraan ini berdasarkan pengamatannya ketika berkunjung ke Aceh pada 31 Maret sampai 7 April 2012. Selama sepekan di Aceh, Nasir yakin kalau pemungutan suara pilkada Aceh akan berlangsung damai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement