Selasa 03 Apr 2012 05:04 WIB

Mahasiswa asal Padang Juarai HIPA Emirates of Dubai

REPUBLIKA.CO.ID, Padang - Foto hasil karya Zulkifli, fotografer kampus Universitas Bung Hatta (UBH) Padang berhasil menjuarai penghargaan Hamdam Bin Mohammed Bin Rashid Al Maktoum International Photograhy Award (HIPA) Emirates of Dubai, Uni Emirat Arab 2012.

Foto karya Zulkifli tampil sebagai juara pertama dalam kategori "The General Pivot", prestasi ini sangat membanggakan UBH dan nama negara di kancah internasional, kata Kepala Humas UBH, Indrawadi di Padang, Selasa.

Zulkifli salah seorang pendiri Komunitas Fotografer Mahasiswa Universitas Bung Hatta (KOMA-UBH) itu, telah menerima penghargaan tersebut yang diserahkan Sheikh Hamdan Bin Mohammad Bin Rashid Al Maktoum, putra Mahkota Dubai di Dubai, Uni Emirat Arab, pekan lalu.

Lomba dan penghargaan HIPA Emirates of Dubai 2012 diikuti 4.046 orang peserta dari 99 negara, termasuk 19 negara-negara Arab, tambahnya.

Atas kemenangannya itu, Zulkifli memperoleh piala dan hadiah uang sebesar 14.000 dolar AS (Rp 128,4 juta), katanya.

Sebelumnya, Zulkifli menyebutkan, foto yang diikutsertakannya dalam lomba internasional ini (akhirnya tampil sebagai juara pertama, red) adalah kategori general dengan judul "Pacu Jawi" (lomba balapan sapi).

Satu foto lainnya yang diikutsertakan oleh Zulkifli adalah foto tentang kegiatan anak-anak pengajian di Taman Pendidikan Al Qur'an (TPA) di Masjid Tuo Kayu Jao, Solok.

Ia menjelaskan, foto dengan judul "Pacu Jawi" yang diterjemahkan dengan istilah "Jawi never die" menampilkan hasil jepretan photografi yang menonjolkan perpaduan kecepatan lari sapi dengan cipratan lumpur basah saeah serta joki tangguh yang mengendalikan lari sapi.

Foto tersebut cukup mempesona para juri lomba, meski di Indonesia lomba balapan sapi sudah lumrah, tetapi di luar negeri karya photografi tentang suasana perlombaan "pacu jawi" adalah sesuatu yang luar biasa, tambahnya.

Sedangkan, poto anak-anak mengaji di TPA menggambarkan suasana rangkaian ibadah anak nagari di lingkungan masjid yang bersih. Membersihkan pekarangan masjid adalah hal kecil yang sering terlupakan dalam kehidupan berkeseharian.

Melalui poto disampaikan pesan untuk memulai mencintai lingkungan terdekat dan ajakan mulai menanamkan kecintaan terhadap bumi yang semakin menua, katanya.

"Foto tersebut saya ikutsertakan dalam kategori Love The Earth pada lomba HIPA Emirates of Dubai 2012," tambah Zulkifli.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement