Selasa 27 Mar 2012 22:14 WIB

'Demo Bisa Jadi Jalan Ampuh Atasi Kemacetan Jakarta'

Rep: Esthi Maharani/ Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Demonstrasi yang dilakukan sejumlah elemen masyarakat berpengaruh pada kondisi jalan raya di Jakarta. Hampir seharian ini, kondisi lalu lintas lengang, tidak seperti biasanya saat hari kerja.

Pantauan Republika, jam berangkat kerja atau sekitar pukul 08.00 WIB tidak ditemukan kemacetan berarti di kawasan Mampang Prapatan hingga Kuningan, Jakarta Selatan.

Padahal, biasanya kawasan tersebut langganan macet sejak pagi hingga siang bahkan seringkali tak bergerak. Namun, kondisi harian itu tak ditemui hari ini. Begitu pula saat siang hari, kawasan itu masih lengang.

Hal yang sama juga terjadi saat jam pulang kerja sekitar jam 16.00 hingga 20.00 WIB. Biasanya, di jam-jam tersebut antrian kendaraan tak terelakan bahkan hingga pukul 21.00. Tetapi, pada hari ini hal tersebut tidak terjadi.

Kawasan Jakarta Pusat pun terlihat lebih lengang. Seperti di Sudirman-Thamrin, sekitaran Jalan Medan Merdeka, hingga Cikini. Tak ada penumpukan kendaraan seperti biasanya.

Pengguna kendaraan pribadi, Riani Ibrahim mengaku takjub dengan kondisi jalanan Jakarta yang sangat sepi, bahkan tak terlihat kemacetan berarti. "Aku nggak bawa kendaraan sendiri, takut demo rusuh. Daripada ada apa-apa, saya simpan saja di rumah," katanya.

Ia menduga, banyak warga Jakarta yang berpikiran sama sehingga tidak banyak orang yang menggunakan kendaraan pribadi. "Kayaknya isu demo bisa jadi jalan ampuh ngatasi kemacetan Jakarta," katanya sambil tertawa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement