Sabtu 24 Mar 2012 12:34 WIB

Lagi, Gunung Marapi Semburkan Abu Vulkanik

Gunung Marapi
Foto: Antara/Arif Pribadi
Gunung Marapi

REPUBLIKA.CO.ID, PADANGPANJANG - Gunung Marapi yang berada di antara Kabupaten Tanahdatar dan Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menyemburkan abu vulkanik tipis dengan ketinggian sekitar 100 meter dari puncak gunung, Sabtu (24/3) sekitar pukul 11.35 WIB.

Abu vulkanik yang memiliki tinggi 2.891 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut berlangsung sekitar tujuh menit. Abu vulkanik diperkirakan menghujani sebagian daerah Kabupaten Tanahdatar.

Masyarakat Koto Baru, Kabupaten Tanahdatar yang tinggal di sekitar lereng gunung Marapi Murtini mengatakan, bahwa semburan abu vulkanik gunung hanya tipis dan berlansung sekitar tujuh menit.

"Setelah abu vulkanik menghilang, gunung tidak lagi terlihat menyemburkan abu. Abu vulanik ini sudah relaif lama tidak disemburkan gunung Marapi," kata dia.

Masyarakat sekitar gunung marapi tersebut mengaku tidak begitu terganggu oleh abu vulkanik yang disemburkan gunung Marapi kali ini. "Angin bertiup ke arah timur, jadi diperkirakan jatuh di Kabupaten Tanahdatar bagian timur yang memilki jarak sedikit jauh dari gunung,"katanya.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bukittinggi, PVMBG masih merekomendasikan gunung waspada level II, dan melarang masyarakat untuk tidak mendaki lebih dari tiga kilometer dari puncak.

Sejak peningkatan aktivitas pada tanggal 3 Agustus 2011, gunung hampir tiap hari mengeluarkan asap hitam dan abu vulkanik.

Salah satu gunung aktif di Sumbar pada tanggal 3 Agustus 2011 sempat mengeluarkan abu vulkanik berbau belerang dengan ketinggian mencapai 1.000 meter, dan menjangkau sejumlah daerah di Sumbar, seperti Agam, Tanahdatar, Padangpariaman, dan Padangpanjang.

Gunung Marapi terakhir kali meletus pada tahun 2005. Dalam kondisi aktif normal, gunung yang berdampingan dengan Gunung Singgalang dan Tandikek itu menjadi salah satu tujuan bagi pendaki dari dalam maupun dari luar Sumatra Barat.

Setiap pergantian tahun baru, gunung selalu ramai oleh pendaki. Akses pendakian Gunung Marapi mudah dicapai. Jalur pendakian dimulai dari Kotobaru, Tanahdatar.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement