Kamis 26 Jan 2012 20:18 WIB

Malaysia Kembali Deportasi 72 TKI lewat Nunukan

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA - Deportasi kembali menimpa tenaga kerja Indonesia di Malaysia. Pemerintah Malaysia 72 TKI melalui Pelabuhan Tunon Taka, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur.

Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Pemerintah Kabupaten Nunukan Hasan Basri, Kamis malam, menyatakan para tenaga kerja Indonesia (TKI) yang dideportasi itu tiba di Pelabuhan Tunun Taka pada Kamis (26/1) sekitar pukul 18.30 WITA dengan menggunakan KM Purnama Ekspres.

"Mereka dideportasi terkait pelanggaran dokumen keimigrasian. Para TKI itu akan ditampung sementara di PJTKI sambil mengurus dokumen surat keterangan tinggal di luar negeri," ujarnya.

Ia mengatakan, biasanya tidak semua TKI akan kembali ke Malaysia sebab sebagian lagi kemungkinan akan kembali ke kampung halamannya.

Para TKI yang dideportasi itu berasal dari Pusat Tahanan Sementara (PTS) Sandakan, Sabah, Malaysia. Sebelum dideportasi, mereka biasanya ditahan di PTS tersebut.

Setiap pekan, kata dia, pemerintah Malaysia mendeportasi pulabuhan orang TKI yang dianggap bermasalah melalui Pelabuhan Tunun Taka Nunukan.

"Pemulangan TKI seperti ini sudah rutin terjadi namun jumlahnya hari ini (Kamis, 26/1) lebih banyak dibanding sebelumnya yang biasanya hanya berkisar 30 hingga 50 orang," kata Hasan Basri.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement