Senin 16 Jan 2012 20:38 WIB

Sejumlah TKI Siap Kuliah Universitas Terbuka di Kuala Lumpur

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR- Sejumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Kuala Lumpur, Malaysia dan wilayah sekitarnya telah mendaftarkan diri untuk mengikuti program sarjana di Universitas Terbuka (UT) Cabang Batam, Kepulauan Riau, yang perkuliahannya dimulai pada pertengahan Februari 2012.

"Sudah sepuluhan TKI yang mendaftarkan diri ikut UT," kata Atase Pendidikan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Malaysia, Rusdi MA di Kuala Lumpur, Senin.

Menurut dia, jumlah TKI yang akan ikut UT masih bisa bertambah mengingat waktu pendaftaran masih terbuka hingga akhir Januari.

Saat ini, ungkap dia, pihak KBRI masih menunggu TKI lainnya dari sejumlah pabrik besar di negara seperti Western Digital yang jumlah pekerjanya sebagian besar berasal dari Indonesia dan berpendidikan SMA dan setingkatnya.

"Kami tetap membuka pendaftaran sampai 30 Januari. Bagi yang berminat silahkan datang ke KBRI Kuala Lumpur," katanya.

Ia menambahkan, bagi TKI yang sudah mengisi formulir tapi ijazahnya belum dilegalisir bisa dilakukan di KBRI.

Syarat utama mengikuti program UT ini seperti layaknya masuk universitas di dalam negeri adalah mereka yang sudah lulus SMA/SMK dan sederajat.

"Siapa saja boleh ikut UT asal sudah lulus SMA dan sederajatnya. TKI pun juga bisa ikut program ini," ungkapnya.

Sedangkan program S1 yang ditawarkan oleh UT antara lainnya adalah Ilmu Sosial dan Ilmu Politik untuk Program Studi Administrasi Negara, Administrasi Niaga, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Komunikasi, Sosiologi dan Sastra Inggris Bidang Minat Penerjemahan serta Fakultas Ekonomi dengan program studi (S1), yaitu Managemen.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement