Ahad 08 Jan 2012 17:21 WIB

Wow, Siswa SMKN 8 Bandung Ciptakan Mobil Buggy

Rep: Mj45/ Red: Heri Ruslan

REPUBLIKA.CO.ID,  BANDUNG – Siswa SMKN 8 Kota Bandung telah berhasil menciptakan sebuah produk otomotif, yakni mobil buggy. Mereka merakit mobil buggy dengan keterampilan yang mereka dapatkan di bangku sekolah dan internet. Produk ini masih terus dicoba untuk dikembangkan oleh para siswa.

 

Menurut Kepala SMKN 8, Dedi Indrayana, sekolahnya memang tengah didorong untuk menjadi teaching factory, yaitu sekolah yang menerapkan konsep pembelajaran dalam suasana seperti dalam dunia industri. “Dengan demikian, dapat menjembatani kesenjangan kompetensi antara kebutuhan industri dan pengetahuan sekolah,” ujar Dedi pada Ahad (8/1) lewat ponsel.

 

Ia menceritakan, awalnya ia memiliki ide pada tahun 2009 dengan melihat referensi dari internet dan Youtube. Setelah mempelajari, ia lantas mencanangkan agar SMKN 8 menjadi sekolah pertama yang memproduksi mobil buggy di Indonesia. Soal mesin, ia membelinya dari mesin mobil bekas di Singapore. “Kami menggunakan mesin bekas Toyota VIOS 1500 cc VVTI, yang dibeli seharga Rp 18 juta. Sudah cukup bagus kok, dan masuk standar EURO 2” tandas Dedi.

 

Untuk proyek awal, kata Dedi, sampai terbentuk sebuah prototipe mobil buggy dihabiskan waktu empat bulan. Namun, untuk saat ini, pihaknya mengaku bisa menyelesaikan satu unit mobil buggy dalam waktu satu bulan. ”Awalnya susah sekali,” tambah Dedi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement