Sabtu 31 Dec 2011 17:08 WIB

Dua Imam Madinah Hadir di I'tikaf Akbar Malam Tahun Baru Masjid Sunda Kelapa

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
masjid sunda kelapa
masjid sunda kelapa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Menyambut tahun baru 2012, Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng Jakarta Pusat, mengadakan acara I'tikaf Akbar dengan menghadirkan Syekh Ali Sholeh Ali Jabir dan Syekh Muhammad Ali Jabir dari Madinah, Saudi Arabia. Acara yang diselenggarakan bersama Remaja Masjid Sunda Kelapa (RISKA) tersebut juga akan menampilkan pentas seni dari kalangan musisi dan teater Islam.

Dijadwalkan, I'tikaf Akbar akan dilangsungkan sejak pukul 16.00, Sabtu, 31 Desember 2011 hingga pukul 09.00, Minggu, 1 Januari 2012. "Kami ingin memadukan dua warna, yakni remaja dan masyarakat seluruhnya," terang Salma Aziz, Ketua Divisi Penelitian dan Pengembangan RISKA.

Pembukaan acara akan diisi dengan pentas seni yang menampilkan grup musik TRASHIC, Teater Pusat Bumi, dan grup Hadroh M.A.S.K. Selepas maghrib, acara dilanjutkan dengan sesi talaqqi al-Qur'an. Pada sesi ini, peserta akan diajak untuk membaca al-Qur'an secara tartil dipimpin oleh Syekh Muhammad Ali Jabir.

Acara puncak pergantian tahun akan diisi dengan gema takbir oleh tujuh imam, sujud syukur serta shalat taubat. Acara kemudian dilanjutkan dengan qiyamul lail, muhasabah, dan ditutup dengan kuliah duha.

Untuk mengantisipasi guyuran hujan, pihak panitia telah menyiapkan tiga ruang utama untuk menampung seluruh pengunjung. "Pengunjung kita perkirakan mencapai 3 ribu orang. Kita sudah siapkan segala sesuatunya agar pengunjung aman dari hujan. Selain itu kita juga sudah persiapkan konsumsi agar pengunjung tidak kesulitan mencari makan selama rangkaian acara," jelas Salma.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement