Selasa 20 Dec 2011 15:42 WIB

2012, Pemerintah Janjikan 3,9 Juta Lapangan Kerja

Rep: M Ikhsan Shiddieqy/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Berburu lowongan kerja
Foto: Antara
Berburu lowongan kerja

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Pemerintah menyediakan 3,9 juta lapangan kerja pada tahun depan. Dari jumlah itu, 2,9 juta lapangan untuk menyerap angkatan baru, sedangkan satu juta lapangan kerja diperuntukkan pengangguran yang sudah ada sebelumnya.

"Kita harapkan di 2012 ini kita akan mencapai paling sedikit bersih 1 juta (lapangan kerja)," kata Menko Perekonomia Hatta Rajasa, Selasa(20/12). Program itu adalah bagian dari pelaksanaan program prorakyat dalam MP3EI dan kluster percepatan, penyerapan tenaga kerja, dan infrastruktur yang ada di APBN.

Hatta mengatakan, target penciptaan lapangan kerja itu bisa tercapai kalau setiap satu persen pertumbuhan ekonomi bisa menyerap tenaga kerja di atas 500 ribu orang. Dalam UU APBN 2012, pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 6,7 persen.

"Ditambah dengan spesial program-program yang berkaitan dengan lapangan kerja, sehingga kalau ada 2,9 juta lapangan kerja baru artinya sedikitnya kita harus menciptakan 3,9 lapangan kerja pada 2012, sehingga satu juta untuk menyerap yang selama ini menjadi penganggur," kata Hatta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement