Rabu 12 Oct 2011 17:08 WIB

ACIS ke-11 Rekomendasikan Pertemuan Tahunan Lintas Agama

Rep: Maspriel Aries/ Red: Johar Arif

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG - Annual Conference on Islamic Studies (ACIS) ke-11 yang diselenggarakan di Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) 10 – 13 Oktober 2011, akan ditutup Rabu (12/10) malam. Konferensi yang dibuka Menteri Agama Suryadharma Ali ini menghasilkan tiga rumusan dan dua rekomendasi penting bagi pengembangan Islam di Indonesia.

Koordinator Publikasi ACIS ke 11, Subardi, menjelaskan, konferensi ACIS yang bertemakan “Merangkai Mozaik Islam dalam Ruang Publik untuk membangun Karakter Bangsa” ini melahirkan rekomendasi untuk menggagas pertemuan tahunan yang melibatkan seluruh unsur agama di Indonesia atau lintasagama.

“Selama dua hari pelaksanaan seminar dalam kegiatan ACIS ke-11 telah dikaji tiga tema besar, yaitu mozaik Islam, Islam dalam ruang public, dan membangun karakter bangsa. Pembahasan di tiga ruangan terpisah dengan para pembicara pakar dan akademisi dari berbagai perguruan tinggi agama Islam di Indonesia,” kata Subardi.

Menurut Subardi, rekomendasi yang dihasilkan berkaitan dengan keragaman Indonesia dan perlunya pertemuan agama tahunan lintas agama. “Rekomendasi ini sangat besar pengaruhnya bagi perkembangan Islam dan pelaksanaan pendidikan Islam di Indonesia. Bagi pendidikan Islam, subtansinya nanti berkaitan dengan sertifikasi para dosen, pengembangan ilmu-ilmu ke Islaman di PTAI.”

Secara lengkap rumusan dan rekomendasi tersebut akan disampaikan Prof Dr Minhaji sebagai sterring comitte (SC) ACIS ke-11 saat penutupan, yakni berupa tiga rumusan sesuai dengan tiga tema besar yang dikaji dan dua rekomendasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement