Senin 03 Oct 2011 14:55 WIB

Citra DPR Turun? Bukan Hal Baru Kata Marzuki Alie

Rep: Teguh Firmansyah/ Red: Siwi Tri Puji B
Marzuki Alie
Foto: Republika
Marzuki Alie

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Marzuki Alie menganggap turunnya kepercayaan publik terhadap DPR dan politisi bukanlah suatu hal yang baru. Untuk itu  DPR telah menyiapkan rencana strategis guna mendongkrak citra anggota dewan.

"Jadi apa yang digambarkan Lingkaran Survey Indonesia bukan hal yang baru setiap saya ceramah dimana-mana saya sampaikan," ujar Marzuki, di Komplek Istana Negara, Senin (3/10).

Menurutnya  saat perubahan konstitusi ekspektasi orang terhadap politisi itu sangat tinggi.   Negara Indonesia yang sebelumnya  otoritarian telah berubah menjadi negara demokratis.  Sayangnya pada tahun 2005-2009 banyak sekali kasus-kasus yang melibatkan anggota parlemen dan orang politik. Sehingga ekspektasi masyarakat  menjadi turun.

DPR, lanjut Marzuki,  telah menyiapkan langkah strategis dengan menyusun renstra DPR. Renstra ini merupkan  jawaban untuk mengembalikan citra anggota DPR dan  para politisi.  Salah satunya yakni dengan membangun rumah aspirasi guna menyerap  masukan dari masyarakat.  Kemudian juga mengefektifkan media-media aspirasi lainnya seperti melalui web ataupun SMS centre.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement