Rabu 28 Sep 2011 19:21 WIB

Jelang Sea Games, Polda Metro Gelar Operasi Sikat Jaya 2011

Rep: bowo pribadi/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Menjelang pelaksanaan pesta olah raga negara Asia Tenggara (SEA Games) SEA XXVI Jakarta- Palembang (Indonesia) 11-25 November 2011 mendatang,  Polda Metro Jaya akan menggelar operasi 'Sikat Jaya 2011'.

Kawasan sekitar lokasi venue pelaksanaan beberapa cabang olahraga yang ada di wilayah DKI Jakarta akan menjadi fokus pengamanan operasi cipta kondisi yang akan digelar efektif selama satu bulan ini. "Seperti di area Gelora Bung Karno, GOR Ciracas, GOR Rawamangun, serta stadion Lebak Bulus, Jakarta," ungkap

Kepala Biro Operasi (Karoops)Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sujarno, kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (28/9). Operasi Sikat Jaya ini, jelasnya, akan digelar efektif mulai 1 sampai dengan 31 Oktober 2011.

Selain venue penyelenggaraan cabang olahraga, pengamanan juga dilakukan di sejumlah lokasi strategis. Seperti kawasan Grogol, Daan Mogot, Tomang, Perintis Kemerdekaan, Lebak Bulus, Mayestik, Bendungan Hilir dan Komplek TNI AL Kelapa Gading.

Menurut Sujarno, titik konsentrasi pengamanan aparat Polda Metro Jaya di wilayah DKI Jakarta ini sudah dipetakan. Meski begitu pihaknya tetap menyesuaikan dan tidak menutup kemungkinan dilakukan penambahan titik lokasi pengamanan yang lain sesuai kebutuhan di lapangan.

Sedikitnya 250 personel Polda Metro Jaya akan diturunkan dalam operasi 'Sikat Jaya 2011' ini. "Ke-250 pasukan yang diturunkan ini terdiri atas pasukan yang berseragam maupun pasukan yang non seragam," lanjutnya.

Pasukan ini akan melakukan patroli rutin di titik- titik yang sudah dipetakan tersebut. Sasarannya meliputi tujuh kasus pencurian dengan kekerasan (curas) dengan 60 pelaku. Pihaknya berharap, selama operasi ini seluruh target bisa diamankan.

"Melalui upaya- upaya pencegahan ini, kami berharap pelaksanaan SEA Games yang akan berlangsung di sejumlah venue di wilayah DKI Jakarta dapat berjalan aman dan lancar," lanjut Sujarno.

Ia juga menjelaskan, terkait antisipasi keamanan dan kerawanan ini, Polda Metro Jaya tetap akan maksanakan operasi pascapelaksanaan pesta olahraga terbesar untuk bangsa Asia Tenggara ini.

"Karena itu, usai pelaksanaan SEA Games, kami akan terus melaksanakan pengamanan dengan menyebar petugas di beberapa lokasi rawan tindak kejahatan, yang tersebar di wilayah hukum Polda Metro Jaya," imbuhnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement