Sabtu 13 Aug 2011 17:44 WIB

ICW:Dua Calon Pimpinan KPK Miliki Rekam Jejak Buruk

Rep: muhamad hafil/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Indonesian Corruption Watch (ICW), Sabtu (13/8), menyampaikan hasil tracking (penelurusan rekam jejak) 10 orang calom pimpinan KPK ke Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK.

Dari 10 nama calon, ICW menilai dua orang calon memiliki rekam jejak yang buruk. "Ada dua nama yang sudah bisa dikatakan buruk, tapi saya tidak bisa sebutkan namanya" kata Wakil Koordinator ICW, Emerson Yuntho usai menyampaikan hasil tracking mereka ke Pansel Capim KPK di Kantor Kemenkumham, Jakarta, Sabtu (13/8).

Emerson mengatakan, hasil tracking ICW tersebut sesuai dengan pilihan Pansel yang akan memilih delapan nama dari 10 nama calon yang akan diajukan ke DPR RI. Hasil tracking tersebut diharapkan menjadi dasar pertimbangan bagi Pansel untuk memutuskan menyingkirkan dua orang yang dianggap memiliki rekam jejak buruk tersebut.

Emerson menjelaskan, penilaian ICW itu berdasarkan catatan integritas dan kualitas calon. ICW menilai dua orang yang dianggap buruk tersebut tidak memiliki komitmen yang kuat dalam hal pemberantasan korupsi.

Seperti diketahui, saat ini sudah ada 10 orang nama calon yang masuk dalam tes terakhir di Pansel yaitu tes wawancara. Pansel akan melakukan tes itu pada 15 Agustus pekan depan. Dari 10 nama itu, Pansel akan memilih delapan orang untuk diajukan ke DPR yang akan diumumkan pada 18 Agustus mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement