Kamis 05 May 2011 12:22 WIB

Akibat Salah Sebut, Surin Bilang Marie Pangestu dari Korea

Menteri Perdagangan Mari elka Pangestu
Menteri Perdagangan Mari elka Pangestu

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Sekretaris Jenderal ASEAN, Surin Pitsuwan, sempat salah menyebutkan asal negara Menteri Perdagangan Marie Elka Pangestu saat pidato pembukaan pertemuan tingkat tinggi ASEAN-Uni Eropa di Balai Sidang Jakarta pada Kamis (5/5). Surin menyebut Marie itu menteri perdagangan Korea.

Sebagai pembicara ketiga setelah acara dibuka Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa dan Komisaris Perdagangan Uni Eropa Karel De Gucht, Surin menyampaikan pidationya biasa saja. Namun ketika menyampaikan "yang terhormat Menteri Perdagangan Republik Indonesia'', Surin salah ucap menjadi Korea.

Sesaat setelah kejadian "keselo lidah", Surin juga menyampaikan maaf dan meralat negara yang dimaksud menjadi Indonesia. Dia meralatnya sambil berdalih Indonesia dan Korea mempunyai kesamaan.

"Maksud saya, Indonesia dan Korea adalah sama-sama negara yang indah," kata Surin disambut tawa dan tepuk tangan para delegasi dan wartawan.

Setelah memberi sambutannya Surin pun menutup sambutannya dengan mengucapkan assalamualaikum dan kembali terlihat postur meminta maaf kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan pembukaan yang bertalian Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-18.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement