Senin 21 Feb 2011 14:26 WIB

PDIP Masuk Kabinet Perlu Lewat Kongres

Rep: M Ikhsan Shiddieqy/ Red: Didi Purwadi
Ketum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri
Foto: Antara
Ketum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Politisi PDIP, Eva Kusuma Sundari, mengatakan keputusan PDIP untuk duduk di kursi kabinet perlu melalui mekanisme kelembagaan. Artinya, keputusan itu harus diambil lewat kongres sebagai mekanisme pengambilan keputusan tertinggi partai.

Jika memang ada tawaran kursi kabinet bagi kader PDIP, itu tidak bisa dianggap sebagai personal. Namun, hal tersebut harus melalui lembaga. "Yang penting harus mengikuti mekanisme kelembagan dan keputusan kongres," kata Eva di Gedung DPR, Jakarta, Senin (21/2).

Seperti diketahui, kongres terakhir PDIP di Bali lalu menyepakati bahwa parpol berlambang banteng gemuk ini ikut dalam pemerintahan alias oposisi. "Kalau mau masuk di kabinet berarti harus ada mekanisme pembatalan hasil kongres," kata Eva.

Sampai saat ini, kata Eva, PDIP tetap akan memegang keputusan kongres. Dia juga yakin, isu soal tawaran kursi bagi PDIP itu tidak akan mengubah sikap politik PDIP dalam beberapa hal, khususnya terkait Hak Angket mafia pajak. PDIP, lanjut Eva, tidak akan terjebak oleh hal yang bersifat transaksional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement