Jumat 28 Jan 2011 23:03 WIB

Kisruh Politik Bikin Kacau Ekonomi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Indonesia dinilai bisa kehilangan momentum yang baik untuk membangun perekonomian dalam negeri bila banyak pihak terus-menerus terlibat dalam kekisruhan politik.

"Hal yang harus dilakukan saat ini adalah masing-masing pihak 'cooling down', menahan diri, tidak saling menyalahkan," kata pengamat ekonomi, Handito Joewono, di Jakarta, Jumat.

Handito yang juga Ketua Komite Tetap Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Kadin Indonesia itu mengatakan, saat ini merupakan momentum yang baik bagi Indonesia untuk membangun perekonomian lebih baik di tengah kondisi perekonomian global yang sedang pulih.

Ia berpendapat, Indonesia tidak boleh tertinggal dibandingkan negara tetangga karena beberapa waktu lalu Indonesia sempat menjadi tiga besar negara di dunia bersama China dan India yang mampu bertahan menghadapi terpaan krisis global.

Indonesia bahkan mencatat pertumbuhan ekonomi yang positif di tengah kelesuan perekonomian dunia di mana banyak negara mengalami pertumbuhan ekonomi yang minus. "Carut-marut perpolitikan di dalam negeri akan menimbulkan persepsi yang buruk yang tidak menguntungkan Indonesia," katanya.

Ia mengatakan, jika hal itu bisa dikendalikan bukan tidak mungkin tingkat kemajuan Indonesia akan lebih tinggi dibandingkan sejumlah negara tetangga.

Ia mengimbau agar semua pihak turut serta membangun persepsi yang baik bagi Indonesia agar iklim usaha di Tanah Air semakin kondusif bagi dunia usaha.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement