Senin 24 May 2010 03:45 WIB

Andi Limpahkan Dukungan ke Marzuki Alie?

Rep: dri/ Red: irf

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Marzuki Alie menggandeng dukungan dari Andi Mallarangeng untuk menuju pemilihan putaran kedua Ketua Umum Partai Demokrat. Dalam pemilihan putaran kedua, Marzuki akan bersaing melawan Anas Urbaningrum. Dalam pemilihan putaran pertama Anas memperoleh 236 suara (45 persen), Andi 82 (16 persen), dan Marzuki 209 suara (40 persen).

Usai pemilihan pertama, terjadi lobi-lobi antarkandidat. Berdasarkan pengamatan, Andi dan Marzuki beserta tim sukses masing-masing mengadakan pertemuan di ruang Masion 3, hotel Masion Pine, Padalarang, Bandung, Jawa Barat. Dalam pertemuan tertutup tersebut sayup-sayup terdengar teriakan-teriakan suara mendukung Marzuki Alie menjadi Ketua Umum Partai Demokrat.

Sekitar pukul 15.45 WIB, Marzuki dan Andi keluar ruangan Masion 3. Dengan berjalan berdampingan, Marzuki dan Andi  menuju ruangan sidang pleno, sementara para pendukungnya meneriakkan yel-yel “MA (Marzuki Alie)-AM (Andi Mallarangeng)”. Ketika Marzuki dan Andi berdiri berdua di atas podium sambil dielu-elukan peserta kongres, Anas belum berada di ruang sidang pleno. Anas baru masuk ruangan setelah Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan sambutan jelang pemungutan suara putaran kedua.

Berdasarkan jumlah hak suara yang mencapai 531 suara, Anas memerlukan sekitar 30 suara untuk memenangkan voting. Sementara itu dengan acuan perolehan suara putaran pertama, Marzuki masih butuh sekitar 60 suara untuk menjadi Ketua Umum Partai Demokrat. Karenanya, keduanya harus berebut suara pendukung Andi dalam pemilihan putaran kedua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement