Ahad 09 May 2010 01:52 WIB

Ainun Habibie Sudah Bisa Dituntun Shalat

Rep: fyz/ Red: irf
Mantan presiden Habibie (kiri) bersama istri, Ainun Habibie
Foto: Nunu/Republika
Mantan presiden Habibie (kiri) bersama istri, Ainun Habibie

JAKARTA--Mantan ibu negara, Hasri Ainun Habibie dikabarkan membaik kondisi kesehatannya, Sabtu (8/5) pagi. Ia bahkan sempat dituntun untuk melaksanakan shalat menyusul kondisi tersebut. "Bapak (BJ Habibie) mengatakan bahwa Ibu sudah bisa dituntun shalat. Didengarkan lagu juga sudah ada respon," ujar Sekretaris BJ Habibie, Rubijanto saat dihubungi Republika, Sabtu siang.

Menurut dia, membaiknya kondisi Ainun ini sejak pukul 11.00 WIB, Sabtu pagi. Dituturkan Rubijanto, Ainun sudah mulai bisa berkomunikasi melalui isyarat tangan. Rubijanto mengatakan bahwa perkembangan ini signifikan karena sejak dirawat di Rumah Sakit Ludwig Maximilians Universitat Klinikan, Grosshadern, Munich, Jerman, Ainun tak bisa merespons komunikasi yang ditujukan padanya.

Belakangan, kondisi kesehatan Ainun terus naik turun. Ia, menurut Rubijanto, sudah menjalani sembilan kali operasi. Ainun diketahui mengidap penyakit bronchitis dan lemah jantung. Kendati sudah membaik, Rubijanto mengatakan bahwa perempuan kelahiran 11 Agustus 1973 ini belum boleh dijenguk terlebih dahulu. Dikabarkan, dia banyak yang sudah mengantri di Munich untuk membesuk Ainun namun tak diperbolehkan oleh dokter. Jadwal besuk untuk Ainun sementara ditunda dulu untuk waktu yang belum ditetapkan.

"Khawatir nanti drop lagi kesehatannya," ujar Rubijanto. Saat ini, Ainun hanya ditemani oleh pihak keluarga dekat. Di antaranya adalah putra sulung dia, Ilham Akbar Habibie, dan suami, BJ Habibie. Ainun Habibie dirawat di Ludwig Maximillians Universitat Klinikan sejak 24 Maret lalu. Dikabarkan, ia dirawat di sana karena didera penyakit bronchitis akut. Selama di rumah sakit tersebut, sampai Sabtu ini, Ainun Habibie masih terus diinapkan di ruang ICU.

Mantan presiden BJ Habibie mempersunting Hasri Ainun pada 12 Mei 1962. Saat itu, perempuan kelahiran Semarang, Jawa Tengah ini tengah berprofesi sebagai dokter di Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo, Jakarta Pusat.

Ainun yang menempuh pendidikan kedokteran di Universitas Indonesia ini bersama BJ Habibie dikaruniai dua orang Anak, Ilham Akbar dan Thareq Kemal. Dari dua orang anak ini, ia dikaruniai empat cucu. Ainun Habibie adalah anak ke-empat dari delapan bersaudara dalam keluarga almarhum H Muhammad Besari. Sebelum menikah dengan BJ Habibie, Ainun bertempat tinggal di belakang RSCM, Jakarta Pusat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement