Sabtu 28 Jan 2023 22:15 WIB

Legenda Bulu Tangkis Susi Susanti Beri Saran Pengelolaan Keuangan Bagi Atlet

Susi Susanti mengajak seluruh generasi muda untuk menabung.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Erdy Nasrul
Legenda bulu tangkis Indonesia Susi Susanti di Bandung, Sabtu (28/1/2023).
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Legenda bulu tangkis Indonesia Susi Susanti di Bandung, Sabtu (28/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG- Legenda bulu tangkis Indonesia Susi Susanti mengaku prihatin masih didapati atlet-atlet berprestasi di masa pensiun mengalami masalah keuangan. Oleh karena itu, ia mengajak seluruh atlet-atlet muda yang saat ini berjaya untuk mengelola keuangan dengan baik salah satunya cara yang dapat dilakukan menabung.

"Kita harus punya rencana keuangan. Saat kita jadi atlet, kita dapat hadiah itu mau diapain. Paling utama harus ditabung, investasi, mengatur mau diapain," ujar brand ambassador Bank BTN saat ditemui di acara peluncuran tabungan BTN bisnis di Paskal 23 Mal, Kota Bandung, Sabtu (28/1/2023).

Susi Susanti, sosok yang juga berkecimpung di dunia bisnis produk olahraga mengatakan banyak atlet setelah selesai bermain dan pensiun tidak memiliki jaminan. Maka, para atlet harus mulai mengatur dan menginvestasikan keuangannya. 

"Banyak atlet setelah selesai tidak terjamin. Itu kalau tidak mengatur,  menginvestasikan, dan harus didampingi," katanya.

Lebih jauh, ia mengajak seluruh generasi muda untuk menabung sebab kebutuhan ke depan akan banyak. "Tabungan sangat penting tidak hanya untuk atlet, dengan menabung itu menyiapkan masa depan," katanya yang sudah merambah ke bisnis kuliner, dan otomotif.

Selain itu, pengelolaan pendapatan baik gaji atau yang lainnya harus diatur dengan baik. "Saat kita punya income (seperti) gaji, kita harus pintar mengatur keuangan kita," katanya.

Susi pun mengingatkan masyarakat umum dan para atlet untuk paham literasi keuangan. Mereka yang meminjam dana di bank pun diingatkan untuk tidak digunakan pada hal-hal konsumtif.

"Salah satunya di BTN bisa nyicil rumah di BTN, bisa kerja sama memulai bisnis dengan UMKM, uangnya tidak buat hal konsumtif," katanya.

Sementara itu, Direktur Distribution and Funding Bank BTN Jasmin mengatakan Bank BTN menargetkan mampu meraih dana murah dari tabungan BTN Bisnis sekitar Rp 7 triliun hingga akhir tahun 2023. Untuk mencapai target itu, Bank BTN menggelar Road Show Tabungan BTN Bisnis di Bandung, Jawa Barat.

Sebelumnya pada tahun 2022, road show Tabungan BTN Bisnis dilaksanakan di Surabaya, Tanah Abang-Jakarta, Singkawang-Pontianak, Semarang dan Medan. Brand ambassador yang memperkenalkan produk itu yaitu legenda bulu tangkis Indonesia Susi Susanti dan Alan Budikusuma.

“Respon Tabungan BTN Bisnis ini sangat positif dari masyarakat terutama para pebisnis. Sehingga tahun ini kami menargetkan bisa meraih dana dari Tabungan BTN Bisnis sekitar Rp7 triliun,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement