Kamis 04 Sep 2025 12:31 WIB

Tembus GEMASTIK 2025, Mahasiswa UNM Tawarkan Solusi Digital untuk SDGs

Keikutsertaan mahasiswa di GEMASTIK menjadi peluang emas untuk mengasah keterampilan

Tiga mahasiswa Bisnis Digital Universitas Nusa Mandiri (UNM) Muhammad Raka Setia, Nazwa Syifa Fitriani, dan Shahnaz Hafiza Bilqis berhasil lolos dan berpartisipasi dalam ajang Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) 2025.
Foto: UNM
Tiga mahasiswa Bisnis Digital Universitas Nusa Mandiri (UNM) Muhammad Raka Setia, Nazwa Syifa Fitriani, dan Shahnaz Hafiza Bilqis berhasil lolos dan berpartisipasi dalam ajang Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) 2025.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Program Studi (Prodi) Bisnis Digital Universitas Nusa Mandiri (UNM), yang dikenal sebagai Kampus Digital Bisnis kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional. Tahun ini, tiga mahasiswa Muhammad Raka Setia, Nazwa Syifa Fitriani, dan Shahnaz Hafiza Bilqis berhasil lolos dan berpartisipasi dalam ajang Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) 2025.

Dengan bimbingan dari dosen Prodi Bisnis Digital, Widi Astuti, tim ini mengusung karya inovatif bertema Sustainable Development Goals (SDGs), fokus pada kategori Karya Pengalaman Pengguna. Karya tersebut dirancang untuk memadukan teknologi, kenyamanan pengguna, dan keberlanjutan lingkungan, sehingga diharapkan mampu menjadi solusi digital yang berdampak positif bagi masyarakat luas.

Menurut Widi, keikutsertaan mahasiswa dalam GEMASTIK adalah kesempatan emas untuk mengasah keterampilan teknis sekaligus soft skills.

“Kompetisi ini bukan hanya tentang memenangkan lomba, tetapi juga melatih mahasiswa berpikir kritis, kreatif, dan mengintegrasikan teknologi untuk kebermanfaatan sosial. Tema SDGs yang diangkat sangat relevan dengan tantangan global saat ini,” kata Widi.

Sementara itu, Kaprodi Bisnis Digital UNM, Lia Mazia menegaskan prestasi ini selaras dengan misi prodi dalam membentuk lulusan yang siap bersaing di era digital. Kampus, kata dia selalu mendorong mahasiswa untuk mengambil setiap peluang, baik di bidang akademik maupun kompetisi berskala nasional dan internasional.

"GEMASTIK 2025 menjadi bukti nyata bahwa mahasiswa UNM memiliki kompetensi dan keberanian untuk berinovasi demi memberikan manfaat bagi masyarakat,” ujarnya dalam rilis yang diterima, Kamis (4/9/2025).

Sebagai Kampus Digital Bisnis, UNM memiliki program unggulan Internship Experience Program (IEP) 3+1. Program ini memberikan kesempatan emas bagi mahasiswa untuk menempuh perkuliahan selama tiga tahun dan melanjutkan satu tahun magang profesional di perusahaan ternama, baik nasional maupun multinasional.

“Partisipasi dalam GEMASTIK 2025 diharapkan menjadi pemicu semangat generasi muda untuk menciptakan solusi digital berkelanjutan yang mampu menjawab tantangan global sekaligus mendukung pencapaian SDGs di Indonesia,” kata Widi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement

Rekomendasi

Advertisement