Sabtu 26 Oct 2024 19:00 WIB

Dispora DKI Jakarta Revitalisasi Fasilitas Olahraga Secara Bertahap

Peresmian sarana olahraga ini bertepatan dengan Pinktober Tennis Tournament 2024.

Peresmian lapangan tenis indoor Bulungan, Jakarta oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) DKI Jakarta Andri Yansyah, Sabtu (26/10/2024),
Foto: dok YKPI
Peresmian lapangan tenis indoor Bulungan, Jakarta oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) DKI Jakarta Andri Yansyah, Sabtu (26/10/2024),

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta bakal melakukan revitalisasi fasilitas olahraga di seluruh Kota Jakarta. Revitalisasi ini dilakukan bertahap dalam rangka mendukung venue-venue olahraga agar memiliki sarana prasarana lebih lengkap sesuai kebutuhan warga.

Salah satu sarana olahraga yang telah selesai masa renovasinya adalah lapangan tenis indoor Bulungan, Jakarta. Peresmian sarana olahraga ini bertepatan pula dengan perhelatan Pinktober Tennis Tournament 2024 yang digagas Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) pada 26-27 Oktober 2024.

Baca Juga

“Hari ini kami meresmikan penggunaan lapangan tenis indoor yang sudah direnovasi atap membran dan penambahan toilet. Seluruh pengerjaan renovasi dilaksanakan selama empat bulan. Semua ini dilakukan agar masyarakat dapat menggunakan fasilitas ini dengan maksimal untuk berolahraga sekaligus mendukung gaya hidup sehat,” ungkap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) DKI Jakarta Andri Yansyah saat acara peresmian, Sabtu (26/10/2024).

Andri mengatakan, fasilitas olahraga di bawah Unit Pengelola Gelanggang Jakarta Selatan ini selain untuk akses kemudahan bermain tenis juga mendukung gaya hidup sehat masyarakat. “Terdapat dua lapangan tenis, satu lapangan indoor dan satu lapangan outdoor yang siap digunakan. Semoga masyarakat turut menjaga dan bertanggung jawab merawat agar fasilitas ini nyaman digunakan,” imbuh Andri.

Dia menambahkan, diharapkan fasilitas ini bisa menjadi penunjang latihan dan menambah semangat para atlet agar bisa berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional.

Antusiasme Peserta

Sementara itu dalam kesempatan yang berbeda, Direktur Turnamen Pinktober Tennis Tournament 2024 Wanda Jane mengatakan, antusiasme peserta pada turnamen khusus wanita yang digelar dalam rangka peringatan bulan Kanker Payudara Internasional ini cukup tinggi. Bahkan panitia pelaksana sampai harus membatasi jumlah peserta yang bersedia turun pada turnamen ini.

“Antusias peserta sangat luar biasa. Awalnya kami ragu tetapi hingga batas waktu penutupan, masih banyak yang ingin mendaftar. Karena keterbatasan waktu dan lapangan pertandingan, maka kami batasi 40 pasang peserta dengan sistem pertandingan round robin terbagi dalam empat grup,” ujar Wanda.

Dalam kesempatan yang sama, Endang Moerniati dari bidang Media dan PR Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) mengatakan, turnamen ini digelar untuk lebih memasalkan makna dari bulan kepedulian kanker payudara. Kegiatan ini didukung De Sports bekerjasama dengan Jurnalis Peduli dan Suka Olahraga (Jusraga) menggelar turnamen bertemakan #PinkTober - Play Tennis Fight The Cancer.

Endang menambahkan, melalui turnamen ini para peserta turut peduli pada penyakit kanker payudara sekaligus mengedepankan gaya hidup sehat melalui olahraga tenis. “Kami dari YKPI berharap, dengan adanya turnamen ini masyarakat semakin peduli pada penyakit kanker payudara. Kanker ini bisa disembuhkan pada stadium awal. Untuk itu YKPI terus melakukan kampanye tentang pentingnya pemeriksaan payudara sendiri atau Sadari, melalui kegiatan apapun termasuk olahraga tenis,” kata Endang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement