Selasa 22 Oct 2024 20:30 WIB

Gempa Bumi Magnitudo 5 Guncang Pangandaran, Terasa Hingga ke Sukabumi

Titik gempa berada di 18 kilometer barat daya Kabupaten Pangandaran.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Mas Alamil Huda
Kondisi di Pantai Barat Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, usai terjadi gempa bumi pada Ahad (31/12/2023).
Foto: Dok Satpolairud Polres Pangandar
Kondisi di Pantai Barat Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, usai terjadi gempa bumi pada Ahad (31/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Gempa bumi magnitudo 5 mengguncang wilayah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, sekitar pukul 19.43 WIB, Selasa (22/10/2024). Titik gempa berada di 18 kilometer barat daya Kabupaten Pangandaran dengan kedalaman mencapai 72 kilometer.

"Gempa magnitudo 5 di Pangandaran," mengutip informasi dari situs Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Selasa (22/10/2024).

Baca Juga

Dalam keterangan BMKG disebutkan gempa bumi yang terjadi tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Namun, masyarakat diimbau waspada terhadap potensi terjadi gempa susulan.

BMKG menjelaskan gempa bumi turut dirasakan di wilayah Kabupaten Garut, Cilacap, Jawa Tengah hingga ke Palabuhan Ratu, Sukabumi.

Sementara itu sejumlah masyarakat di Kota Bandung dan sekitarnya merasakan getaran gempa bumi. Namun, belum dipastikan sumber getaran gempa bumi tersebut berasal dari mana.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangandaran Untung Saeful Rokhman mengatakan, kondisi di wilayah Pangandaran relatif aman pascagempa bumi. Pihaknya belum menerima laporan kerusakan bangunan akibat gempa bumi yang terjadi.

"Alhamdulillah sampai saat ini masih aman, belum menerima laporan kejadian," kata dia.

BPBD Provinsi Jawa Barat sendiri masih mengecek kondisi di Pangandaran pasca gempa bumi apakah terdapat bangunan yang rusak. "Masih dicek," ungkap Pranata Ahli Humas BPBD Jabar Hadi Rahmat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement