Selasa 22 Oct 2024 14:23 WIB

Dosen UNM Catatkan Buah Pikir Inovasi dalam Book Chapter Future Jakarta

Buku Future Jakarta merangkul akademisi mengembangkan solusi berbasis teknologi.

Universitas Nusa Mandiri berhasil menerbitkan artikel dalam book chapter yang dirilis oleh LLDIKTI (Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi) Wilayah III.
Foto: Universitas Nusa Mandiri
Universitas Nusa Mandiri berhasil menerbitkan artikel dalam book chapter yang dirilis oleh LLDIKTI (Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi) Wilayah III.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Nusa Mandiri (UNM) kembali menunjukkan komitmennya dalam memajukan ilmu pengetahuan melalui keterlibatan aktif dosen-dosen terbaiknya di dunia akademik. Dalam kesempatan kali ini, sejumlah dosen Universitas Nusa Mandiri berhasil menerbitkan artikel dalam book chapter yang dirilis oleh LLDIKTI (Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi) Wilayah III. Acara peluncuran dan penyerahan buku Future Jakarta digelar pada Kamis, 17 Oktober 2024, di Ballroom Lantai 23, Jakarta International Tower (JIT), Universitas Jakarta International.

Artikel dalam book chapter yang dirilis LLDikti ini berjudul Future Jakarta: AI dan Kebijakan Inovatif Untuk Kota Pintar, sebuah buku yang memberikan wawasan komprehensif mengenai bagaimana kecerdasan buatan (AI) dapat dimanfaatkan untuk mendukung pengembangan Jakarta sebagai kota pintar yang efisien, inklusif, dan berkelanjutan.

Baca Juga

Menurut Prof Dwiza Riana, Rektor Universitas Nusa Mandiri, menyampaikan para dosen Universitas Nusa Mandiri yang terlibat dalam penulisan artikel ini menyoroti berbagai aspek penerapan AI di kota besar, termasuk solusi inovatif dalam transportasi, pengelolaan sampah, tata kelola kota, hingga pemanfaatan AI untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat urban.

“Melalui penelitian yang komprehensif dan relevan, para dosen ini berupaya memberikan kontribusi nyata dalam mendukung perkembangan kebijakan publik yang lebih cerdas di Jakarta,” ungkap Prof Dwiza.

Buku karya para dosen Universitas Nusa Mandiri ini diserahkan langsung kepada perwakilan Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota DKI Jakarta, tegas Prof Dwiza sebagai salah satu bentuk dukungan akademisi terhadap upaya pemerintah dalam menjadikan Jakarta sebagai salah satu kota pintar terdepan di dunia.

“Peluncuran ini dihadiri oleh berbagai kalangan, mulai dari akademisi, pemerintah, hingga sektor swasta, yang bersama-sama berdiskusi mengenai potensi besar teknologi AI untuk mengatasi tantangan urbanisasi yang kian kompleks,” katanya.

Prof Dwiza menekankan Buku Future Jakarta merupakan bagian dari upaya LLDIKTI Wilayah III untuk merangkul peran akademisi dalam pengembangan solusi berbasis teknologi di perkotaan. “Melalui pemikiran para dosen dari berbagai perguruan tinggi, buku ini menawarkan beragam pandangan yang dapat menjadi dasar pembuatan kebijakan di masa mendatang. Kontribusi dosen Universitas Nusa Mandiri dalam buku ini mempertegas peran vital perguruan tinggi dalam memberikan rekomendasi kebijakan yang berlandaskan riset serta inovasi,” ujar Prof Dwiza.

Sebagai salah satu perguruan tinggi yang berfokus pada pengembangan teknologi dan inovasi, tegas Prof Dwiza, Universitas Nusa Mandiri terus berkomitmen untuk menciptakan generasi yang siap menghadapi tantangan era digital. “Melalui kurikulum yang adaptif, kegiatan riset yang unggul, serta pengabdian masyarakat yang berkesinambungan, Universitas Nusa Mandiri berupaya mencetak lulusan yang tidak hanya kompeten dalam bidang akademik, tetapi juga memiliki kemampuan untuk berkontribusi dalam membangun bangsa. Keberhasilan para dosen ini sebagai salah satu bukti kontrit kami dalam memajukan generasi bangsa,” katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement