Selasa 22 Oct 2024 08:56 WIB

Kuliah Perdana Prodi Informatika Program Doktor UNM Sukses Terlaksana

Pentingnya pendidikan tinggi dalam membentuk generasi peneliti yang inovatif.

Universitas Nusa Mandiri (UNM) sukses menggelar Kuliah Perdana untuk program studi (prodi) Informatika Program Doktor (S3) dengan tema
Foto: Universitas Nusa Mandiri
Universitas Nusa Mandiri (UNM) sukses menggelar Kuliah Perdana untuk program studi (prodi) Informatika Program Doktor (S3) dengan tema

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Nusa Mandiri (UNM) sukses menggelar Kuliah Perdana untuk program studi (prodi) Informatika Program Doktor (S3) dengan tema "Metodologi Penelitian dan Filsafat Ilmu" pada Rabu (9/10/2024), di Aula Universitas Nusa Mandiri kampus Margonda. Kegiatan yang berlangsung dari pukul 13.00 hingga 16.30 WIB ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa mengenai pentingnya metodologi penelitian dan filsafat ilmu dalam pengembangan keterampilan riset yang berkualitas.

Acara dibuka dengan sambutan dari Rektor Universitas Nusa Mandiri, Prof Dr Ir Dwiza Riana, mengungkapkan pentingnya pendidikan tinggi dalam membentuk generasi peneliti yang inovatif. “Pemahaman yang kuat tentang metodologi penelitian akan memberikan landasan yang kokoh bagi mahasiswa untuk menghasilkan penelitian yang berdampak,” tegas Prof Dwiza.

Baca Juga

Sementara itu, Ketua Prodi Informatika Program Doktor (S3), Dr Nita Merlina menjelaskan pentingnya penguasaan materi akademik dalam penelitian, serta bagaimana teori dapat diimplementasikan dalam praktik riset. “Materi ini sangat diapresiasi oleh peserta, yang merasa lebih memahami keterkaitan antara teori dan praktik,” jelasnya dalam siaran pers.

Ia menyebutkan kegiatan ini tidak hanya memberikan wawasan teoritis, tetapi juga pengalaman praktis yang dapat diterapkan dalam penelitian. “Mahasiswa sangat antusias dan mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan untuk belajar dari para ahli di bidangnya,” katanya.

Pada kesempatan ini, Prof Dr Eng Wisnu Jatmiko membahas berbagai pendekatan metodologis dalam penelitian. Ia menjelaskan cara memilih metodologi yang tepat sesuai dengan tujuan penelitian dan bagaimana filsafat ilmu dapat mempengaruhi proses penelitian.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement