Jumat 18 Oct 2024 16:27 WIB

Ribuan Siswa akan Dilibatkan Sambut Kepulangan Jokowi ke Solo

Ada instruksi dari Kodium untuk melibatkan murid SMK dan SMK sambut Jokowi.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Joko Widodo
Foto: Setpres RI
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO-- Joko Widodo akan menyelesaikan masa tugasnya sebagai Presiden RI ke-7 selama dua periode pada Ahad (20/10/2024). Mantan gubernur DKI Jakarta ituakan pulang ke tanah kelahiran di Solo usai purnatugas.

Ribuan siswa tingkat SMA dan SMK di wilayah Kecamatan Colomadu pun akan diikutkan dalam penyambutan kepulangan Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Cabang Dinas Wilayah VI, Siswadi mengatakan pihaknya telah mendapatkan instruksi dari Kodim setempat untuk mengerahkan murid SMA dan SMK untuk menyambut kepulangan Jokowi ke kediamannya di Sumber, Banjarsari, Solo.

"Sebenarnya itu kan diserahkan ke kodim masing masing ya. Jadi pengampu nya itu kodim bekerjasama dengan Korem, Polresta dengan Pemda yang dilalui dari kendaraan sampai rumah di Sumber," kata Siswadi saat dihubungi awak media, Jumat (18/10/2024).

Berdasarkan informasi yang beredar di WhatsApp ada sejumlah sekolah yang dilibatkan. Diantaranya, SMAN Colomadu, SMA Darul Quran, SMK Adi Sumarmo, SMK Bina Dirgantara, SMK Karya Teknika, SMK Widya Taruna, SMK YP Colomadu.

Siswadi juga mengatakan siswa yang diminta memeriahkan kepulangan presiden ke-7 tersebut direncanakan dengan berjajar dan mengibarkan bendera merah putih berukuran kecil di sepanjang jalan yang dilewati Jokowi. Dimana para siswa tersebut akan dikumpulkan sekitar pukul 15.00 WIB di titik kumpul seperti Auditorium UMS, RM. Taman Sari dan Wisma PPRBM.

Sedangkan untuk rute yang akan dilewati Jokowi mulai dari Bandara Adi Soemarmo, Colomadu, Tugu Makuto, dan Tugu Manahan.

"Kalau kami menugaskan SMA yang ada di colomadu saja. Mengingat hari Minggu. Kebetulan kami ada 7, 2 SMA dan 5 SMK. Mereka cuma berjajar di pinggir jalan dan pengibaran bendera kecil itu saja. Jadi memang tidak ada prosesi apa-apa tidak ada prosesi sambutan. Pidato tidak ada," katanya.

Selain itu, pihaknya juga mengatakan kodim juga meminta pemangku wilayah tingkat kecamatan untuk mengerahkan warganya.

"Bukan siswa saja dari kecamatan Colomadu diminta mengerahkan masyarakat sampai dengan lurah untuk bisa menyambut bapak," katanya mengakhiri.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement