Rabu 16 Oct 2024 18:24 WIB

Pelatih China Ungkap Alasan Timnya Bisa Kalahkan Indonesia

Menurut Ivankovic, kemenangan membangkitkan rasa percaya diri timnas China.

Pemain timnas Indonesia Marselino Ferdinan berebut bola dengan pemain China pada pertandingan Grup C Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 di Qingdao Youth Football Stadium, China, Selasa (15/10/2024). Indonesia kalah dengan skor 1-2.
Foto: CFOTO/Sipa USA
Pemain timnas Indonesia Marselino Ferdinan berebut bola dengan pemain China pada pertandingan Grup C Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 di Qingdao Youth Football Stadium, China, Selasa (15/10/2024). Indonesia kalah dengan skor 1-2.

REPUBLIKA.CO.ID, QINGDAO -- Pelatih timnas China, Branko Ivankovic memuji disiplin taktis dan kekompakan timnya saat meraih kemenangan 2-1 atas Indonesia dalam pertandingan keempat putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Grup C di Stadion Sepak Bola Pemuda Qingdao, Selasa (15/10/2024) malam. Ivankovic menyebut kemenangan ini meningkatkan kepercayaan diri timnya setelah menelan tiga kekalahan dari tiga laga.

“Kami mempelajari dan mengatur gaya bermain lawan sebelum pertandingan. Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, kami menghadapi cedera dengan tiga pemain kunci yang absen namun kami membuat pengaturan yang tepat dan para pemain memberikan permainan penuh pada persyaratan teknis dan taktis untuk menang,” kata Ivankovic, dikutip dari laman resmi AFC, Rabu (16/10/2024).

Baca Juga

“Kemenangan ini telah menghilangkan tekanan dan membuat seluruh tim lebih percaya diri," tambah dia.

“Wu Lei belum berlatih selama lebih dari 20 hari, namun dia datang ke tim, duduk di bangku cadangan, dan siap bermain jika diperlukan. Itu mencerminkan persatuan dan tekad kelompok ini," lanjut dia.

Kemenangan tim berjuluk Dragon itu menghidupkan kembali harapan mereka untuk setidaknya finis di empat besar untuk melaju ke putaran keempat merebutkan tiket Piala Dunia 2026 tersisa. Namun, kata pelatih asal Kroasia itu, ia menekankan pentingnya fokus pada dua pertandingan terdekat berikutnya pada November melawan Bahrain dan Jepang.

“Masih banyak pertandingan yang harus dimainkan, dan kami perlu bersiap menghadapi Bahrain selanjutnya," jelas dia.

Sementara itu, pelatih Indonesia Shin Tae-yong mengungkapkan kebanggaannya atas penampilan timnya dan tetap optimistis meski anak-anak asuhnya menderita kekalahan pertamanya setelah tiga kali bermain imbang berturut-turut.

“Selamat kepada China atas kemenangannya, tapi menurut saya kedua belah pihak menunjukkan keinginan untuk menang,” kata Shin.

“Ini bukanlah akhir. Kami akan mempersiapkan diri lebih baik dan berada dalam kondisi yang lebih baik untuk pertandingan mendatang," tambahnya.

Indonesia menghadapi tugas berat pada pertandingan selanjutnya ketika mereka menjamu Jepang pada 15 November, dengan pemuncak klasemen Grup C tersebut mengoleksi 10 poin di puncak klasemen dengan enam pertandingan tersisa.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement